4 Kota di Ukraina yang Hancur Lebur karena Diserang Rusia

Kamis, 29 September 2022 - 17:34 WIB
loading...
4 Kota di Ukraina yang Hancur Lebur karena Diserang Rusia
Foto/Ilustrasi/Sindonews
A A A
JAKARTA - Perang yang terjadi antara Ukraina dan Rusia sudah berlangsung dari bulan Februari 2014 lalu. Namun, isu mengenai serangan yang diberikan Rusia kepada Ukraina baru terdengar sejak November 2021 lalu. Invasi Rusia kepada Ukraina pun akan menjadi ancaman besar bagi perdamaian dan keamanan di Eropa yang berujung perang dingin.

Pada 21 Februari, Presiden Rusia, Vladimir Putin pun memberikan pidatonya mengenai pembenaran “Operasi Militer Khusus” dan serangan kemudian diluncurkan ke beberapa kota di Ukraina. Untuk itu, mari kita bahas mengenai kota-kota di Ukraina yang hancur lebur karena diserang oleh Rusia.

1. Kharkiv

Kota Kharkiv merupakan pusat untuk suatu budaya, ilmiah, pendidikan, transportasi serta industri utama yang ada di negara Ukraina. Di kota ini terdapat banyak sekali teater, museum dan perpustakaan. Tak hanya itu, Katedral Annunciation dan Dormition juga termasuk ke dalam bagian bangunan penting yang ada di kota ini. Dengan begitu, Kharkiv dikenal sebagai kota dan munisipalitas terbesar kedua yang ada di Ukraina. Di tahun 2021 lalu, terdapat sekitar 1.433.886 populasi yang ada di dalamnya.

Pada awal abad ke-20an, kota ini didominasi oleh penduduk Rusia, namun karena terjadinya ekspansi industri dan ketika rezim Soviet memoderasi pembatasan pada ekspresi budaya Ukraina sebelum Perang Dunia II, sebagian besar penduduk dengan secara resmi diidentifikasikan sebagai Ukraina.

Namun sayangnya, di bulan Maret sampai April 2014 lalu, pusat keamanan serta kontra-demonstran ini mengalahkan upaya separatis yang didukung oleh Rusia untuk menguasai kota dan administrasi regional. Karena faktanya, Kharkiv adalah target utama dalam serangan Ukraina Timur Laut dalam Invasi Rusia ke Ukraina yang dimulai pada bulan Februari 2022 lalu.



Untungnya, pada September 2022 ini pasukan Ukraina sudah maju ke utara Kharkiv ke dalam jarak 50 km dari perbatasannya dengan Rusia. Mereka juga telah menekan ke selatan serta timur wilayah yang sama, kata Jenderal Valeriy Zaluzhnyi. Pasukan Ukraina pun sudah menguasai wilayah di Kharkiv yang diambil dari Rusia

2. Lyman

Lyman adalah kota di kawasan Donetsk, Ukraina. Secara administrasi, kota ini dimasukan sebagai kota paling penting dan juga berfungsi sebagai pusat administrasi. Di bulan Juni 2014 lalu, kota ini menjadi kota pertempuran Krasnyi Lyman selama terjadinya perang di Donbass.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0966 seconds (0.1#10.140)