Terancam Dideportasi, Ratu Kecantikan Myanmar 'Kabur' ke Kanada

Kamis, 29 September 2022 - 05:23 WIB
loading...
Terancam Dideportasi, Ratu Kecantikan Myanmar Kabur ke Kanada
Ratu Kecantikan Myanmar, Han Lay, terbang ke Kanada setelah terancam dideportasi dari Thailand ke negara asalnya. Foto/CNN
A A A
BANGKOK - Ratu kecantikan dari Myanmar yang berlindung di Thailand setelah mengkritik junta militer yang berkuasa telah meninggalkan Bangkok menuju Kanada di mana dia diperkirakan akan mencari suaka. Hal itu diungkapkan pejabat imigrasi Thailand kepada CNN.

Han Lay (23) menarik perhatian internasional dengan pidato emosionalnya selama final Miss Grand Internastional pada 2021 ketika ia mengangkat spanduk dengan kata-kata "Pray for Myanmar" guna meningkatkan kesadaran akan kekejaman hak asasi manusia yang dilakukan oleh pejabat junta.

Dia menerima ancaman pembunuhan setelah pidato dan memutuskan untuk tidak pulang setelah kompetisi yang diadakan di Thailand itu.

Namun, dia tampaknya menghadapi ancaman deportasi setelah kembali ke Thailand pada Rabu lalu setelah melakukan perjalanan ke Vietnam. Dia dihentikan oleh pejabat di Bandara Internasional Suvarnabhumi Bangkok yang mengatakan mereka telah menemukan masalah dengan paspornya dan sejak itu dia dalam keadaan yang tidak pasti.

Baca: Junta Ancam Penjarakan Warga Myanmar yang Dukung Pemberontak di Medsos

Wakil Kepala Biro Imigrasi Thailand, Archayon Kraithong, mengatakan kepada CNN bahwa Han Lay telah meninggalkan Bangkok pada Selasa malam.

"Tujuan akhirnya adalah Kanada," katanya tanpa memberikan rincian lebih lanjut seperti dikutip dari media yang berbasis di AS itu, Kamis (29/9/2022).

Han Lay sebelumnya mengatakan kepada CNN bahwa dia mencari suaka politik di Kanada meskipun ingin tetap di Thailand.

“Han Lay adalah korban dari tindakan politik yang disengaja oleh junta untuk membuatnya tidak memiliki kewarganegaraan ketika dia terbang kembali ke Thailand dari Vietnam minggu lalu,” kata Phil Robertson, wakil direktur Asia Human Rights Watch

Baca: UNICEF: 11 Siswa Sekolah di Myanmar Tewas Akibat Serangan Udara
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1321 seconds (11.97#12.26)