Rusia Dilaporkan Bersiap Caplok Wilayah Referendum

Rabu, 28 September 2022 - 23:31 WIB
loading...
Rusia Dilaporkan Bersiap Caplok Wilayah Referendum
Rusia dilaporkan bersiap mencaplok 4 wilayah Ukraina yang menggelar referendum untuk bergabung. Foto/Ilustrasi
A A A
MOSKOW - Rusia dilaporkan sedang bersiap untuk mencaplok wilayah Ukraina yang dikontrolnya menyusul referendum bertahap yang diduga mendukung pemerintahan Moskow.

Negara-negara Barat telah menolak pemungutan suara itu sebagai sebuah kepura-puraan yang tidak berarti yang dilakukan oleh Moskow dalam upaya untuk melegitimasi invasinya ke Ukraina dan pendudukannya atas wilayah-wilayah di timur.

Tidak segera jelas bagaimana proses administrasi akan terungkap.

Menurut media Rusia, langkah selanjutnya adalah parlemen Rusia, Duma Negara, menyetujui RUU pencaplokan yang secara resmi memasukkan empat wilayah ke dalam wilayah Rusia. Ini bisa terjadi paling cepat Rabu dan akan diikuti dengan persetujuan di majelis tinggi.

Baca: Putin Tegaskan Prioritas Utama Rusia dalam Referendum Donbass

Menurut kantor berita Rusia, seperti dikutip dari France24, Rabu (28/9/2022), Presiden Rusia Vladimir Putin diperkirakan akan mendeklarasikan wilayah Ukraina sebagai bagian dari Rusia pada hari Jumat.

Pejabat yang ditempatkan Rusia di wilayah pendudukan mengatakan mereka akan meminta Putin untuk memasukkan mereka ke Rusia. Administrator wilayah Kherson yang didukung Rusia menerbitkan permintaan di aplikasi Telegram pada hari ini meminta penggabungan ke Rusia.

Vladimir Saldo mengatakan penduduk wilayah Kherson telah membuat "pilihan bersejarah" untuk bergabung dengan Rusia.

Baca: Hasil Referendum Kherson Ukraina Ungkap 87% Pemilih Ingin Gabung Rusia

Pemimpin wilayah Luhansk yang didukung Kremlin, Leonid Pasechnik, juga mengajukan permohonan serupa kepada Putin. Separatis yang didukung Moskow telah menguasai sebagian besar Luhansk sejak 2014 ketika Rusia mencaplok semenanjung Crimea.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1118 seconds (10.55#12.26)