China Kembangkan Jet Tempur Generasi ke-6, AS Tak Ingin Kalah Tersaingi

Rabu, 28 September 2022 - 02:36 WIB
loading...
China Kembangkan Jet Tempur Generasi ke-6, AS Tak Ingin Kalah Tersaingi
Konsep jet tempur generasi keenam Amerika Serikat. Amerika sedang adu cepat dengan China untuk meluncurkan jet tempur generasi keenam. Foto/Boeing
A A A
WASHINGTON - Militer Amerika Serikat (AS) megatakan China sedang berada “di jalur yang benar” untuk mengembangkan jet tempur generasi keenam .

Kepala Komando Tempur Udara (ACC) Angkatan Udara Amerika, Jenderal Mark Kelly, mengatakan AS perlu memastikan untuk terlebih dahulu meluncurkan pesawat tempur generasi berikutnya.

"Saya tidak dapat memberi tahu Anda hari ini apa yang terjadi di China kecuali mereka merencanakan Kongres Partai Nasional ke-20 mereka [pada bulan Oktober]. Tetapi saya dapat memberi tahu Anda apa yang tidak terjadi. Mereka tidak berdebat tentang relevansi dominasi udara generasi keenam. Dan saya juga dapat memberi tahu Anda bahwa mereka berada di jalur yang benar," katanya.

Baca juga: Rusia Kembangkan Jet Tempur Generasi ke-6, Konsepnya Mirip NGAD Amerika

"Angkatan Udara AS perlu memastikan kami mendapatkan dominasi udara generasi keenam setidaknya sebulan sebelum pesaing kami,” lanjut Kelly dalam konferensi meja bundar dengan wartawan.

Sementara sebagian besar negara—termasuk Amerika Serikat—telah membocorkan sedikit informasi tentang program pesawat tempur generasi keenam mereka, China bahkan lebih merahasiakan upayanya.

Selama wawancara 2019, Wang Haifeng, kepala desainer untuk Chengdu Aerospace Corporation, menyatakan bahwa China sedang melakukan pra-penelitian pada pesawat tempur generasi berikutnya, dengan tujuan memiliki kemampuan baru yang siap untuk melindungi laut dan langit pada tahun 2035.

Sementara Wang mengatakan sedikit tentang desain China, dia menunjuk ke beberapa elemen yang dia yakini akan menjadi ciri kemampuan tempur AS di masa depan, seperti kemampuan untuk bekerja sama dengan drone, penggunaan artificial intelligence, peningkatan sensor siluman dan omnidirectional.

Desain, lanjut Wang, juga dapat menampilkan teknologi pengganggu yang “kurang pasti”, seperti kawanan drone, laser, dan mesin adaptif.

Sekretaris Angkatan Udara Amerika Frank Kendal mengatakan, saat ini, Angkatan Udara AS berada di jalur untuk menjadi pengguna pertama pesawat tempur generasi keenam, asalkan dapat mulai menerjunkan keluarga sistem Dominasi Udara Generasi Berikutnya (NGAD) tepat waktu, yakni pada akhir dekade ini.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1639 seconds (11.97#12.26)