Kremlin: Rusia Siap Negosiasi dengan Ukraina, Tapi...

Selasa, 27 September 2022 - 20:25 WIB
loading...
Kremlin: Rusia Siap Negosiasi dengan Ukraina, Tapi...
Kremlin menyebut Rusia siap bernegosiasi dengan Ukraina, tapi situasi dan kondisi berubah. Foto/Daily Sabah
A A A
MOSKOW - Rusia tetap siap untuk berunding dengan Ukraina, pada saat yang sama situasi dan kondisi berubah, tetapi tujuan operasi militer khusus tetap sama. Hal itu diungkapkan juru bicara Kremlin Dmitry Peskov.

"Presiden (Vladimir Putin) mengatakan bahwa Rusia, tentu saja, mempertahankan kesediaannya untuk bernegosiasi. Tetapi ketika situasi berubah, begitu pula kondisinya, dan kami telah berulang kali membicarakan hal ini," kata Peskov.

"Tetapi secara umum, prinsipnya tetap sama: semua tujuan operasi militer khusus (tetap sama)," ia menambahkan seperti dikutip dari Sputnik, Selasa (27/9/2022).

Baca: Rusia Tembak Jatuh 2 Pesawat Soviet MiG-29 yang Dimodifikasi untuk Bawa Rudal AS

Dia mencatat bahwa Ukraina yang sebelumnya mengabaikan negosiasi.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky sebelumnya menyatakan bahwa dia tidak siap untuk melakukan pembicaraan dengan Moskow, dan Kremlin menekankan tidak ada prospek seperti itu saat ini.

Namun, pada bulan-bulan pertama operasi militer, Zelensky berulang kali mendesak Putin untuk bertemu langsung dengannya.

Sebelumnya, Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu mengatakan Presiden Rusia Vladimir Putin sedang mempertimbangkan melanjutkan pembicaraan dengan Ukraina.

Baca: Menlu Turki: Putin Pertimbangkan Berunding dengan Ukraina

Menurut Cavusoglu, Putin melontarkan gagasan itu selama percakapan dengan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan pada pertemuan puncak Organisasi Kerjasama Shanghai (SCO) baru-baru ini di Samarkand, Uzbekistan.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1429 seconds (10.55#12.26)