Wapres AS Bakal Kunjungi DMZ di Tengah Meningkatnya Ancaman Korut

Selasa, 27 September 2022 - 15:45 WIB
loading...
Wapres AS Bakal Kunjungi DMZ di Tengah Meningkatnya Ancaman Korut
Wakil Presiden AS Kamala Harris akan mengunjungi DMZ di tengah meningkatnya ancaman Korea Utara. Foto/Reuters/Leah Millis/Pool
A A A
TOKYO - Wakil Presiden (Wapres) Amerika Serikat (AS) Kamala Harris akan mengunjungi Zona Demiliterisasi (DMZ) yang memisahkan Korea pada Kamis mendatang. Ini dilakukan dalam upaya untuk menunjukkan komitmen Washington terhadap keamanan Korea Selatan.

Kunjungan tersebut, yang diumumkan pada hari Selasa (27/9/2022), terjadi beberapa hari setelah Korea Utara menembakkan rudal balistik ke arah laut dan di tengah kekhawatiran kemungkinan uji coba nuklir karena upaya pemerintahan Joe Biden untuk "mendekati" pemimpin Korea Utara Kim Jong-un telah gagal.

Kunjungan Harris, yang akan menjadi yang pertama oleh pejabat senior pemerintahan Biden, diumumkan secara terbuka oleh Perdana Menteri Korea Selatan Han Duck-soo selama pertemuan dengan wakil presiden AS di Tokyo dan kemudian dikonfirmasi oleh seorang pejabat AS.



"Kunjungan Anda ke DMZ dan Seoul akan menjadi demonstrasi simbolis dari komitmen kuat Anda terhadap keamanan dan perdamaian di Semenanjung Korea," kata Han seperti dikutip dari Reuters.

Harris berada di wilayah tersebut untuk memimpin delegasi presiden AS ke pemakaman mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe.

Pejabat AS, yang meminta untuk tidak disebutkan namanya membahas perjalanan yang belum diumumkan secara resmi oleh Harris, mengatakan kunjungan ke DMZ akan menggarisbawahi kekuatan aliansi antara Seoul dan Washington dalam menghadapi setiap ancaman yang ditimbulkan oleh Korea Utara.

Pejabat itu menambahkan Harris akan mengunjungi DMZ, bertemu dengan anggota militer, menerima pengarahan operasional dari komandan AS, merefleksikan pengorbanan bersama tentara Amerika dan Korea Selatan dan menegaskan kembali komitmen "keras" untuk keamanan Korea Selatan.



Beberapa mantan presiden AS, dan Biden sendiri sebelum dia menjadi presiden, telah mengunjungi DMZ, tetapi mantan Presiden Donald Trump menjadi orang pertama yang bertemu dengan pemimpin Korea Utara di sana ketika dia mengadakan pertemuan ketiga dengan Kim Jong-un pada 2019 sebagai bagian dari upaya yang gagal untuk membujuk Kim agar menghentikan program nuklir dan misilnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1265 seconds (0.1#10.140)