Pakar: Vladimir Putin Akan Dibunuh Jenderalnya Sendiri Jika Coba Gunakan Senjata Nuklir

Minggu, 25 September 2022 - 00:02 WIB
loading...
Pakar: Vladimir Putin Akan Dibunuh Jenderalnya Sendiri Jika Coba Gunakan Senjata Nuklir
Pakar Eropa sebut Presiden Rusia Vladimir Putin akan dibunuh para jenderalnya sendiri jika mencoba menggunakan senjata nuklir dalam perang di Ukraina. Foto/REUTERS
A A A
LONDON - Seorang pakar Eropa memprediksi Presiden Rusia Vladimir Putin akan dibunuh oleh jenderalnya sendiri jika dia mencoba menggunakan senjata nuklir dalam perang Rusia di Ukraina .

Dalam pidato yang disiarkan televisi Rabu lalu, pemimpin Rusia itu secara eksplisit menunjukkan bahwa konflik di Ukraina dapat berubah menjadi perang nuklir.

Dia mengumumkan mobilisasi militer parsial, dengan 300.000 tentara cadangan akan dipanggil ketika Kremlin berusaha untuk mendapatkan kembali tanah Ukraina yang diduduki dalam menghadapi serangan balik oleh pasukan Kiev.

Putin mengatakan “ini bukan gertakan” ketika dia bersumpah bahwa Rusia akan menggunakan senjata pemusnah massal jika wilayahnya terancam.



Dia menuduh Barat melakukan "pemerasan nuklir" dan mengeklaim perwakilan tingkat tinggi dari negara-negara NATO terkemuka telah berbicara tentang kemungkinan menggunakan senjata pemusnah massal melawan Rusia.

"Kepada mereka yang membiarkan pernyataan seperti itu mengenai Rusia, saya ingin mengingatkan Anda bahwa negara kita juga memiliki berbagai cara penghancuran," kata Putin.

Para ahli telah mengeklaim bahwa Putin hanya menggertak atau dia memang tidak memahami situasinya.

Profesor Peter Duncan di UCL School of Slavonic and East European Studies (SSEES) mengatakan kepada Express.co.uk, Sabtu (24/9/2022), bahwa Putin kemungkinan akan dibunuh jenderalnya sendiri sebelum menekan tombol komando serangan nuklir.

"Intinya adalah bahwa Putin terisolasi dari kenyataan. Dia hanya tidak mengerti baik tentang Rusia, apa yang orang pikirkan di Rusia, atau apa yang orang pikirkan di luar negeri, yang, dengan kata lain, di mana-mana. Dan itulah mengapa dia membuat kesalahan demi kesalahan," ujarnya.

Dia menjelaskan bahwa ini sebagian karena fakta bahwa sekutu Putin dan dinas keamanannya sendiri takut padanya, yang telah menyebabkan Putin disesatkan tentang kenyataan di lapangan di Ukraina.

"Ini masih masalah lama bahwa orang takut untuk mengatakan yang sebenarnya. Terutama, FSB [Dinas Keamanan Federal] takut untuk mengatakan yang sebenarnya sehingga dia tidak tahu apa yang terjadi."

Duncan juga mengatakan bahwa jika hal-hal meningkat ke ambang Putin menekan tombol komando serangan nuklir, sekutunya akan turun tangan.

Dia skeptis sekutunya akan mematuhi perintah Putin jika hal-hal mencapai level itu.

"Saya masih berpikir bahwa jika Putin mulai menggunakan senjata nuklir—atau jika dia benar-benar menyuruh Shoigu dan Gerasimov untuk menggunakan senjata nuklir—tidak hanya menyebarkannya, tetapi menggunakannya di suatu tempat di Ukraina, saya pikir sangat mungkin bahwa [mereka] akan menolak dan kemudian mereka harus bergerak melawan Putin dan membunuhnya," imbuh dia.

Shoigu yang dimaksud adalah Jenderal Sergei Shoigu, Menteri Pertahanan Rusia. Sedangkan Gerasimov yang dimaksud adalah Jenderal Valery Gerasimov, Panglima Angkatan Bersenjata Rusia.

"Karena mereka akan melanggar perintah. Tidak semudah itu membunuh Putin, mereka harus meminta orang-orang di FSB untuk membantu mereka membunuh Putin," lanjut Duncan.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1323 seconds (0.1#10.140)