AS Diam-diam Peringatkan Putin Tidak Gunakan Senjata Nuklir

Sabtu, 24 September 2022 - 08:48 WIB
loading...
AS Diam-diam Peringatkan Putin Tidak Gunakan Senjata Nuklir
AS diam-diam memperingatkan Presiden Rusia Vladimir Putin untuk tidak menggunakan senjata nuklir. Foto/Ilustrasi
A A A
WASHINGTON - Amerika Serikat (AS) secara diam-diam telah memperingatkan Presiden Rusia Vladimir Putin konsekuensi serius jika menggunakan senjata nuklir. Hal itu dilakukan selama berbulan-bulan. Namun tidak jelas bentuk dari konsekuensi yang dimaksud.

"Pemerintahan Biden umumnya telah memutuskan untuk tetap memberikan peringatan tentang konsekuensi dari serangan nuklir yang sengaja dibuat tidak jelas, sehingga Kremlin khawatir tentang bagaimana Washington akan merespons," kata seorang pejabat, yang berbicara dengan syarat anonim, seperti dikutip dari Washington Post, Sabtu (24/9/2022).

Departemen Luar Negeri AS telah terlibat komunikasi pribadi dengan Moskow. Tidak jelas apakah AS telah mengirim pesan pribadi yang baru sejak Presiden Vladimir Putin mengeluarkan ancaman nuklir terselubung terbarunya selama pidato yang mengumumkan mobilisasi parsial Rabu pagi, tetapi seorang pejabat senior AS mengatakan komunikasi telah terjadi secara konsisten. selama beberapa bulan terakhir.



Pejabat AS menekankan bahwa ini bukan pertama kalinya Rusia mengancam akan menggunakan senjata nuklir sejak dimulainya perang pada 24 Februari lalu. Selain itu, tidak ada indikasi Rusia memindahkan senjata nuklirnya sebagai persiapan untuk melakukan serangan.

Sebelumnya dalam sebuah wawancara dengan CBS News, Biden ditanya apa yang akan dia katakan kepada Putin jika pemimpin Rusia itu mempertimbangkan untuk menggunakan senjata nuklir dalam konflik melawan Ukraina.

"Jangan. Jangan. Jangan," kata Biden. "Anda akan mengubah wajah perang tidak seperti apa pun sejak Perang Dunia II," sambungnya.

Biden menolak merinci bagaimana AS akan merespons, hanya mengatakan bahwa reaksi itu akan berkonsekuensi dan akan bergantung pada sejauh mana apa yang Rusia lakukan.



Sementara itu wakil ketua Dewan Keamanan Rusia, Dmitry Medvedev, pada hari Kamis memposting tulisan di Telegram bahwa wilayah di Ukraina timur akan diterima ke Rusia setelah selesainya referendum dan berjanji untuk memperkuat keamanan daerah-daerah itu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1711 seconds (0.1#10.140)