Eks Jenderal Moskow: Rusia Mustahil Gunakan Senjata Nuklir, Kecuali NATO....

Sabtu, 24 September 2022 - 00:23 WIB
loading...
A A A
Reshetnikov mengatakan kepada Al Jazeera bahwa prospek Rusia menggunakan senjata nuklir taktis di Ukraina tidak mungkin dan tidak masuk akal secara militer saat ini.

Dia berpendapat bahwa langkah seperti itu akan menjadi penyimpangan tajam dari strategi menghindari risiko yang telah ditempuh Rusia di Ukraina sejauh ini, mencatat bahwa Kremlin menunggu hampir tujuh bulan sebelum menyatakan mobilisasi parsial.

Bagaimanapun, pasukan NATO yang terlibat langsung dalam konflik dapat mengubah perhitungan Moskow.

“Amerika Serikat dan hampir seluruh Eropa telah berpartisipasi dalam konflik ini dengan menyediakan senjata, intelijen, instruktur, dan sukarelawan kepada Ukraina,” kata Reshetnikov.

“Jika ini terus meningkat, maka itu menciptakan risiko perang global di mana senjata nuklir dapat digunakan.”

Bagi sebagian orang, pertikaian saat ini membawa kembali kenangan Perang Dingin, masa ketegangan global yang sangat tinggi ketika Uni Soviet dan Washington bersaing dalam perlombaan senjata untuk supremasi nuklir.

"Perang Dingin adalah omong kosong dibandingkan dengan situasi hari ini," ujarnya.

“Apa yang kita lihat sekarang adalah kedua belah pihak mencoba untuk saling menekan, secara bertahap menuju kemungkinan konfrontasi langsung. Saya tidak berpikir kita akan melihat perang nuklir hari ini atau besok, tetapi sulit untuk mengatakan bagaimana eskalasi yang sedang berlangsung akan berkembang setahun dari sekarang," ujarnya.

Komentar kedua pensiunan jenderal itu muncul setelah Presiden Rusia Vladimir Putin mengumbar ancaman serangan nuklir secara eksplisit dalam pidatonya terkait perang Rusia di Ukraina.

"Barat telah terlibat dalam pemerasan nuklir terhadap kami," kata Putin.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1322 seconds (0.1#10.140)