ISIS, Ancaman Serius Bagi Dunia Internasional

Rabu, 20 Agustus 2014 - 21:45 WIB
ISIS, Ancaman Serius Bagi Dunia Internasional
ISIS, Ancaman Serius Bagi Dunia Internasional
A A A
PARIS - Semakin berkembangannya militan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) membuat kelompok ini dicap sebagai ancaman paling serius bagi dunia internasional saat ini. Intelijen Amerika Serikat (AS) bahkan pernah menyatakan ISIS mungkin akan membuat sebuah aksi yang lebih mengerikan dari tragedi 9/11.

Presiden Prancis, Francois Hollande, seperti dilansir Al Arabiya, Rabu (20/8/2014), menyatakan sedang merencanakan sebuah konferensi untuk membahas mengenai perkembangan ISIS. “Situasi saat ini merupakan yang terburuk sejak 2001,” ucap Hollande, mengacu pada tragedi 9/11.

“Kita tidak bisa lagi hanya melakukan perdebatan apakah kita akan terlibat atau tidak dalam menaggulangi ISIS. Saat ini, kita harus berkumpul dan membuat sebuah strategi global guna memerangi kelompok ini,” kata Hollande.

Namun, Hollande belum mau memberikan tanggal dan lokasi kapan pertemuan itu akan dilakukan. Dia hanya menyatakan pertemuan itu akan dilakukan sesegera mungkin.

Hollande juga menjelaskan mengapa ISIS menjadi ancaman paling serius bagi dunia internasional saat ini, menurutnya ISIS adalah kelompok paling tersruktur dan besar saat ini. “Kelompok ini sangat terstruktur dengan pembiayaan yang besar, mereka juag memiliki anggota yang sangat besar yang tersebar di seluruh dunia,” Hollande menjelaskan.

Menurutnya, munculnya ISIS adalah kelengahan dari dunia internasional yang sedikit memberikan kelonggaran bagi kelompok militan untuk berkembang. “Jika beberapa tahun lalu kita telah bergerak, mungkin ISIS tidak akan pernah terbentuk,” ucapnya.

Sebelumnya, intelijen AS menyatakan hal serupa. Menurut mereka, ISIS adalah ancaman terbesar bagi AS dan juga dunia. ISIS memiliki pembiayaan yang besar dari hasil penjualan minyak ilegal, dan juga memiliki persenjataan lengkap, jauh lebih lengkap dari Boko Haram atau bahkan al-Qaeda.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4454 seconds (0.1#10.140)