Negara ASEAN yang Punya Hubungan Diplomatik dengan Israel

Jum'at, 23 September 2022 - 17:30 WIB
loading...
Negara ASEAN yang Punya Hubungan Diplomatik dengan Israel
Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu saat masih menjabat, bertemu Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong di kantor Perdana Menteri di Yerusalem pada 19 April 2016. Foto/Haim Zach/GPO
A A A
BANGKOK - Hubungan diplomatik merupakan relasi yang dijalankan antara negara satu dengan negara lainnya untuk saling memenuhi kebutuhan masing-masing negara.

Untuk dapat menjalin hubungan diplomatik dengan negara lain, perlu adanya pengakuan (recognition) dari negara tersebut, terutama oleh negara yang akan menerima perwakilan diplomatik suatu negara (receiving state).

Berikut adalah beberapa negara ASEAN yang menjalin hubungan diplomatik dengan Israel.

1. Singapura

Singapura dan Israel sudah menjalin hubungan diplomatik pada 1969. Singapura membuka kantor kedutaan besar (Kedubes) di Israel setelah kedua negara membina hubungan diplomatik selama 53 tahun.

Mereka mengembangkan kerja sama di bidang keamanan dan ekonomi. Israel juga sudah memiliki kedubes di Singapura.

Kantor kedutaan ini bertujuan mendukung perusahaan Singapura guna meningkatkan kerja sama dengan Israel.

Singapura mendukung Israel dan Palestina untuk hidup berdampingan dalam perdamaian dan keamanan, sesuai dengan resolusi Dewan Keamanan PBB.

2. Filipina

Hubungan Filipina dengan Israel merujuk pada hubungan diplomatik penuh antara dua negara yang terwujud setelah penandatanganan Traktat Persahabatan pada 26 Februari 1958.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1286 seconds (10.55#12.26)