Apakah Rusia Negara Komunis? Ini Jawaban Lengkapnya

Jum'at, 23 September 2022 - 15:10 WIB
loading...
Apakah Rusia Negara Komunis? Ini Jawaban Lengkapnya
Pendukung Partai Komunis Rusia memegang potret pemimpin Soviet Josef Stalin selama prosesi menandai peringatan Revolusi Bolshevik 1917, di Lapangan Merah di Moskow, Rusia, 7 November 2020. Foto/REUTERS
A A A
MOSKOW - Apakah Rusia negara komunis? Pertanyaan tersebut tentulah masih sering dipertanyakan sebagian masyarakat dunia.

Jawabannya adalah tidak. Sebab, pasca Uni Soviet runtuh, Rusia menjadi negara republik presidensial yang menganut sistem semipresidensial.

Hal ini berarti masyarakat berhak menyalurkan aspirasinya dengan memilih anggota legislatif dan eksekutif Rusia.

Meskipun ideologi komunis telah mati di Rusia, namun memang masih ada saja gerakan komunis sayap kiri di negara tersebut.

Baca juga: Erdogan: Dunia Harus Bicara dengan Putin dan Zelensky

Melansir laman Russia Beyond, keberadaan gerakan komunis yang kini ada di Rusia sama sekali tidak menentukan kebijakan pemerintah.

Matinya komunis di Rusia sudah menjadi keharusan yang sangat mutlak, tanpa adanya tawar menawar.

Sesuai dengan Pasal 13 Konstitusi Rusia yang disahkan tahun 1993, suatu ideologi tidak bisa dibuat sebagai dasar negara atau kewajiban negara.

Ketika Uni Soviet masih eksis, komunis memang menjadi ideologinya dan terdapat Partai Komunis Uni Soviet (KPSS). Partai ini muncul di tahun 1903 dan dipimpin langsung oleh Vladimir Lenin.

Ia juga diketahui berperan sebagai pendiri Uni Soviet. KPSS kemudian tumbang pada tahun 1991, bersamaan dengan keruntuhan Uni Soviet.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1233 seconds (10.177#12.26)