6 Jenderal Rusia yang Tewas dalam Perang Melawan Ukraina

Kamis, 22 September 2022 - 20:57 WIB
loading...
6 Jenderal Rusia yang Tewas dalam Perang Melawan Ukraina
Rusia kehilangan enam jenderalnya sejak perang di Ukraina dimulai. Foto/REUTERS
A A A
JAKARTA - Rusia mulai menginvasi terhadap sejak Februari 2022. Alih-alih segera menarik pasukannya, Presiden Vladimir Putin tetap teguh pada keputusan perangnya meski mendapat tekanan dari dunia internasional.

Dalam kurun waktu beberapa bulan ini, sudah cukup banyak korban jiwa berjatuhan di antara kedua pihak. Di kubu Rusia, ada sejumlah jenderal yang telah dilaporkan tewas.



Berikut enam jenderal Rusia yang tewas dalam perang melawan Ukraina.

1. Roman Kutuzov

Jenderal Roman Kutuzov tewas di medan perang wilayah Donbass pada awal Juni 2022. Dikutip dari The Moscow Times, Kutuzov merupakan pemimpin Korps Tentara 1 Republik Rakyat Donetsk, wilayah Ukraina yang memerdekakan diri.

Sebelum kematiannya, dia telah memerintahkan pasukannya untuk menyerbu pemukiman wilayah Donetsk. Sayangnya, pada serangan tersebut Kutuzov justru tewas.

2. Yakov Rezantsev

Letnan Jenderal Yakov Rezantsev dilaporkan tewas dalam serangan militer Ukraina di pos komandonya. Dikutip dari laman Telegraph, perwira 48 tahun ini menjadi salah satu komandan senior Rusia yang tewas dalam pertempuran melawan pasukan Ukraina.

Rezantsev diketahui pernah menjabat sebagai komandan Tentara Gabungan ke-49 Distrik Militer Selatan. Dia tewas dalam sebuah serangan di lapangan terbang dekat desa Chornobaivka, wilayah Kherson.

3. Oleg Mityaev

Mayor Jenderal Oleg Mityaev dilaporkan tewas pada 15 Maret 2022 dalam penyerbuan di Mariupol. Dikutip dari Washington Times, berita kematiannya disampaikan oleh penasihat Kementerian Dalam Negeri Ukraina Anton Gerashchenko.

Gerashchenko menerbitkan sebuah foto di Telegram yang mengonfirmasi kematian salah satu perwira Rusia. Untuk diketahui, Oleg Mityaev merupakan seorang jenderal yang memimpin divisi Motorized Rifle 150th. Selain itu, dia juga diketahui pernah bertempur di Suriah.

4. Vitaly Gerasimov

Mayor Jenderal Vitaly Gerasimov dilaporkan telah tewas dalam pertempuran melawan pasukan Ukraina. Dikutip dari laman The Guardian, kabar kematiannya datang dari intelijen Ukraina yang menyebut Gerasimov tewas dalam pertempuran di sekitar Kharkiv.

Gerasimov memiliki banyak pengalaman tempur seperti operasi militer di Suriah, pencaplokan Crimea, dan lainnya.

5. Andrey Kolesnikov

Mayor Jenderal Andrey Kolesnikov merupakan komandan Pasukan Gabungan Senjata ke-29 Rusia. Dalam pertempuran melawan Ukraina, jenderal ini dikabarkan telah tewas.

Dikutip dari laman Republic World, beberapa saat setelah berita tersebut menyebar, pihak militer Ukraina mengonfirmasi kebenaran laporan tersebut.

Andrey Kolesnikov disinyalir bertanggung jawab atas beberapa operasi anti-Ukraina.

6. Andrei Sukhovetsky

Pejabat Kiev dan media Rusia menyebut bahwa pasukan Ukraina telah membunuh Jenderal Andrei Sukhovetsky.

Jenderal berusia 47 tahun ini merupakan Kepala Divisi Lintas Udara ke-7 dan pernah bertugas di Suriah. Atas berbagai pencapaiannya, dia juga beberapa kali mendapat penghargaan dari Kremlin.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1719 seconds (0.1#10.140)