3 Kota di Rusia yang Jadi Lokasi Pabrik Senjata

Rabu, 21 September 2022 - 23:45 WIB
loading...
3 Kota di Rusia yang Jadi Lokasi Pabrik Senjata
3 Kota di Rusia yang Jadi Lokasi Pabrik Senjata. FOTO/Reuters
A A A
JAKARTA - Rusia adalah produsen senjata terbesar kedua di dunia, setelah Amerika Serikat . Negara ini menyumbang sekitar 20 persen dari penjualan senjata global.

Institut Riset Perdamaian Internasional Stockholm telah mendata bahwa total penjualan senjata perusahan di Rusia mencapai hingga USD37.7 miliar pada tahun 2017 atau sekitar 9.5 persen dan pertumbuhan setiap tahunnya mencapai 8,5 persen.

Rusia mengekspor hingga sebanyak 90 persen senjatanya ke 10 negara. Pelanggan terbesarnya adalah India, yang membeli hingga 23 persen senjata Rusia dengan harga sekitar USD6,5 miliar selama lima tahun terakhir. Berikut 3 kota yang menjadi lokasi pabrik senjata di Rusia.

Baca: AS dan Sekutu Eropa Komentari Mobilisasi Pasukan Cadangan Rusia

1. Moskow
Di kota ini terdapat pabrik senjata rusia yaitu Almaz-Antey yang didirikan pada tahun 2002 di bawah arahan Presiden Rusia Vladimir Putin. Pabrik ini merupakan BUMN militer terbesar di Rusia dan merupakan perusahaan satu-satunya milik Rusia yang masuk ke dalam 10 besar produsen senjata terbesar di dunia.

Departemen AS pada tahun 2014 menempatkan Almaz-Antey sebagai daftar perusahaan yang dilarang untuk melakukan bisnis dengan AS. Hal tersebut dikarenakan keterlibatan dalam konflik di Ukraina Timur dan Crimea. Pabrik ini memiliki penjualan senjata sebesar USD 9,64 miliar di tahun 2018 dan memiliki keuntungan hingga USD 1,79 juta.

Tidak hanya pabrik Almaz-Antey yang terdapat di kota Moskow, United Aircraft Corporation yang didirikan oleh Presiden rusia pada tanggal 20 Februari 2006 ini juga terletak di kota Moskow. Perusahaan ini didirikan bertujuan untuk perlindungan dan mengembangkan potensi ilmia dari industri pesawat terbang di Rusia.

Baca: Erdogan Tegaskan Rusia Harus Kembalikan Semua Wilayah Ukraina

2. Kovrov
Kota Kovrov juga memiliki pabrik senjata yang sangat terkenal, yaitu Pabrik Degtyarev. Ini merupakan salah satu pabrik terpenting milik rusia yang memproduksi senjata, didirikan pada tahun 1917.

Beberapa senjata api yang diproduksi oleh pabrik ini antara lain senapan kontrak tank, senapan mesin Shpagin dan masih banyak lagi senjata api yang diproduksi oleh perusahaan ini. Selain senjata api, pabrik yang terletak di kota Kovrov ini juga menghasilkan revolver, pesawat terbang, roket dan lain sebagainya.

3. Nizhny Tagil
Nizhny Tagil merupakan salah satu kota yang terdapat pabrik bersenjata di Rusia yaitu Uralvagonzavod. Pabrik Uralvagonzavod ini didirikan pada tanggal 11 Oktober 1936 merupakan pengembang tank tempur terbesar di dunia. Salah satu senjata api yang diproduksi oleh perusahaan ini yaitu sebuah tank tempur utama yang bernama T-90

MG/Nabilah Rofiqoh Duri

Referensi:
https://www.wilsoncenter.org/blog-post/russian-weapon-exports
https://www.bloomberg.com/news/articles/2022-08-09/russia-is-shopping-around-the-world-for-military-weapons-for-its-war-in-ukraine
https://international.sindonews.com/read/712331/41/3-pabrik-senjata-terbesar-di-rusia-semua-produknya-handal-di-medan-perang-1647245009?showpage=all
https://www.aljazeera.com/news/2022/3/9/infographic-which-countries-buy-the-most-russian-weapons
(esn)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1358 seconds (10.55#12.26)