Delegasi Indonesia Disebut Kunjungi Israel, Kemlu: Kami Tak Tahu

Selasa, 20 September 2022 - 09:21 WIB
loading...
Delegasi Indonesia Disebut Kunjungi Israel, Kemlu: Kami Tak Tahu
Kementerian Luar Negeri Indonesia mengaku tak tahu perihal laporan tentang delegasi Indonesia yang diam-diam mengunjungi Israel. Foto/REUTERS
A A A
JAKARTA - Media Zionis melaporkan delegasi Indonesia diam-diam mengunjungi Israel untuk melakukan pembicaraan rahasia. Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Indonesia mengatakan tidak tahu perihal laporan tersebut.

"Kami tidak tahu," kata Kemlu dalam pesan singkatnya, Selasa (20/9/2022).

Sebelumnya, media Israel; i24NEWS, melaporkan delegasi diplomatik dari Pakistan dan Indonesia diam-diam berkunjung ke Israel minggu ini untuk melakukan pembicaraan rahasia.



Delegasi Pakistan dipimpin oleh tokoh Pakistan-Amerika, Nasim Ashra. Dia adalah mantan menteri di pemerintahan perdana menteri Imran Khan.

Selama kunjungan mereka ke Israel, delegasi Pakistan diberikan tur keliling negara Yahudi tersebut.

Menurut laporan tersebut, mereka juga dijadwalkan bertemu dengan Presiden Isaac Herzog akhir pekan ini.

Laporan tersebut lebih lanjut mencatat bahwa para delegasi Pakistan termasuk seorang jurnalis yang berbasis di Karachi.

Pada bulan Juni, jurnalis Pakistan Ahmed Quraishi dipecat dari acaranya di televisi pemerintah Pakistan karena mengunjungi Israel sebulan sebelumnya.

Sedangkan delegasi Indonesia yang berkunjung ke Israel dipimpin oleh apa yang disebut media Zionis sebagai "pejabat senior". Nama para delegasi tidak diungkap.

Laporan kehadiran diplomatik dua negara berpenduduk Muslim terbesar di dunia di Israel tersebut muncul di tengah "pemanasan hubungan" baru-baru ini antara Israel dan Indonesia.

Serangkaian pertemuan, pernyataan, dan laporan baru-baru ini dalam beberapa bulan terakhir tahun 2021 menunjukkan bahwa Israel dan Indonesia telah tumbuh lebih dekat, dengan kerja sama dalam perdagangan dan pariwisata yang lazim.

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Antony Blinken juga mengangkat kemungkinan normalisasi hubungan diplomatik Indonesia dengan Israel dalam pertemuan dengan para pejabat di Jakarta pada bulan Desember lalu.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1244 seconds (0.1#10.140)