4 Rudal Israel yang Dipakai dalam Perang

Kamis, 15 September 2022 - 15:31 WIB
loading...
4 Rudal Israel yang Dipakai dalam Perang
Rudal Python, salah satu dari beberapa rudal Israel yang telah digunakan dalam perang. Foto/Aero-contact
A A A
JAKARTA - Israel memproklamirkan kemerdekaan pada 14 Mei 1948. Pendirian negara mayoritas Yahudi ini dibenci mayoritas negara Arab karena dengan menduduki wilayah Palestina.

Perseteruan itu pernah memuncak dalam Perang Enam Hari, yakni perang antara Israel dengan beberapa negara Arab—Yordania, Suriah, dan Mesir.

Negara ini juga beberapa kali terlibat perang dengan kelompok perlawanan Palestina di Jalur Gaza, seperti Hamas dan Jihad Islam Palestina. Selain itu, juga pernah berperang dengan kelompok Hizbullah Lebanon yang pro-Iran.

Menyadari bahwa posisinya selalu tidak aman, Israel terus memperkuat militernya termasuk dengan mengembangkan berbagai jenis senjata canggih.

Berikut ini empat senjata andalan Israel, termasuk rudal dan sistem pertahanan, yang telah digunakan dalam perang maupun untuk bertahan.

1. Rudal Jericho

Rudal Jericho adalah peluru kendali balistik jarak jauh yang digunakan Israel saat menyerang wilayah Palestina pada 2011. Senjata ini memiliki 3 varian dengan sistem operasi yang berbeda-beda.

Misil ini sebenarnya sudah dioperasikan sejak 1971. Ia memiliki panjang sekitar 13,4 meter, diameter 0,8 meter, dan berat sekitar 6,5 ton. Jangkauan senjata ini antara 4.800 hingga 6.500 km.

Senjata ini juga mampu membawa beban sekitar 400 kilogram.

2. Iron Dome
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0886 seconds (0.1#10.140)