Rusia Minta Barat Buktikan Moskow Cari Senjata ke Iran dan Korut

Jum'at, 09 September 2022 - 11:00 WIB
loading...
Rusia Minta Barat Buktikan Moskow Cari Senjata ke Iran dan Korut
Rusia Minta Barat Buktikan Moskow Cari Senjata ke Iran dan Korut. FOTO/Reuters
A A A
NEW YORK - Rusia menuntut Amerika Serikat (AS) dan Inggris memberikan bukti untuk mendukung tuduhan mereka bahwa Moskow sedang mencari drone dari Iran dan roket, serta peluru artileri dari Korea Utara (Korut) untuk digunakan di Ukraina.

“Saya ingin meminta mereka sekarang untuk memberi kami bukti atau mengakui bahwa mereka menyebarkan informasi yang tidak dapat diandalkan,” ungkap Duta Besar Rusia untuk PBB, Vassily Nebenzia kepada 15 anggota Dewan Keamanan PBB, Kamis (8/9/2022).



Seperti dilaporkan Reuters, AS menuduh Iran memasok drone ke Rusia untuk digunakan dalam perangnya di Ukraina, yang dibantah Teheran. Washington juga menuduh Moskow "dalam proses" membeli jutaan roket dan peluru artileri dari Korea Utara, kata wakil Duta Besar AS Richard Mills kepada dewan.

“Rusia beralih ke Iran untuk memasok UAV (kendaraan udara tak berawak) dan, dalam pelanggaran yang jelas terhadap sanksi PBB, ke Korea Utara untuk memasok amunisi,” kata Duta Besar Inggris untuk PBB Barbara Woodward.

Rusia mengadakan pertemuan Dewan Keamanan di Ukraina - yang ketiga dalam beberapa hari - untuk membahas pasokan senjata asing ke Kiev. AS, Inggris, Prancis, dan lainnya membela miliaran dolar dalam bantuan militer yang dikirimkan ke Ukraina sejak pasukan Rusia menyerbu pada 24 Februari silam.



"Klaim Rusia bahwa AS dan 'Barat' meningkatkan dan memperpanjang konflik ini adalah salah," kata Mills. "Mereka adalah upaya sinis untuk mengalihkan perhatian dari peran Moskow sebagai satu-satunya agresor dalam perang yang tidak perlu dan brutal, yang harus dibayar dunia secara kolektif," lanjutnya.

Ukraina pada hari Kamis memuji serangan balasan kilat yang dikatakan telah merebut kembali sebagian besar wilayahnya di timur dan selatan, ketika Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken mengunjungi negara itu untuk menjanjikan bantuan lebih lanjut.

Duta Besar Ukraina untuk PBB Sergiy Kyslytsya mengatakan: "Kami akan berperang melawan penjajah sampai semua tentara Rusia yang memasuki Ukraina untuk membunuh rakyatnya dikalahkan."
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2142 seconds (0.1#10.140)