Kenangan Ratu Elizabeth II Masuk Masjid Turki dan Dengarkan Lantunan Ayat Al-Qur'an

Rabu, 14 September 2022 - 00:02 WIB
loading...
Kenangan Ratu Elizabeth II Masuk Masjid Turki dan Dengarkan Lantunan Ayat Al-Quran
Foto mendiang Ratu Elizabeth II dari masa ke masa yang dipampang di dekat Istana Buckingham, Inggris. Selama berkuasa, dia pernah mengunjungi masjid era Ottoman di Turki dan mendengarkan pembacaan Al-Quran. Foto/REUTERS
A A A
LONDON - Ratu Elizabeth II telah meninggal dunia pada usia 96 tahun, Kamis pekan lalu, setelah 70 tahun berkuasa atas monarki Inggris. Selama berkuasa, dia pernah mengunjungi Masjid Hijau di Turki dan khusyuk mendengarkan pembacaan ayat-ayat Al-Qur'an .

Itu terjadi pada 14 Mei 2008. Saat itu, dia melepas sepatu, memakai kerudung, dan memasuki Masjid Hijau era Ottoman abad ke-15 di Bursa, Turki barat.

Momen itu merupakan kunjungannya yang pertama ke Turki dalam 37 tahun. Selama kunjungannya, sang ratu memuji peran Turki—negara berpenduduk mayoritas Muslim—sebagai jembatan antara Barat dan dunia Islam.

Baca juga: Raja Charles III Ternyata Pelajari Al-Qur'an, Apa Pandangannya tentang Islam?

Dari dokumen foto Reuters, di dalam Masjid Hijau, Ratu Elizabeth II duduk di samping Ibu Negara Turki saat itu, Hayrunnisa Gul.
Kenangan Ratu Elizabeth II Masuk Masjid Turki dan Dengarkan Lantunan Ayat Al-Qur'an

Foto/REUTERS

Sebelum mengunjungi masjid bersejarah tersebut, mendiang penguasa monarki Inggris menonton pertunjukan boneka dan fesyen tradisional Ottoman.

Dia juga menyempatkan diri mengunjungi pasar sutra di Bursa, kota yang pernah menjadi Ibu Kota Ottoman.
(min)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1859 seconds (11.210#12.26)