Puluhan Ribu Pengungsi Suriah Susun Rencana Masuki Wilayah UE

Minggu, 11 September 2022 - 23:00 WIB
loading...
Puluhan Ribu Pengungsi Suriah Susun Rencana Masuki Wilayah UE
Puluhan Ribu Pengungsi Suriah Susun Rencana Masuki Wilayah UE. FOTO/Reuters
A A A
ANKARA - Sekelompok pengungsi Suriah di Turki berencana membentuk karavan untuk mencapai wilayah Uni Eropa . Rencana sedang disusun secara online melalui saluran Telegram, dibuat enam hari lalu dan diikuti oleh hampir 70.000 orang.

Seperti dilaporkan AFP, penyelenggara menyerukan kepada orang-orang untuk membawa kantong tidur, tenda, jaket pelampung, air, makanan kaleng dan kotak P3K.



“Kami akan mengumumkannya ketika saatnya untuk pergi,” salah satu penyelenggara, seorang pengungsi berusia 46 tahun yang tidak ingin disebutkan namanya, mengatakan kepada AFP.

Menurutnya, beberapa penyelenggara sudah tinggal di UE saat ini. Penyelenggara mengatakan, karavan akan dibagi menjadi beberapa kelompok hingga 50 orang, masing-masing dipimpin oleh seorang pengawas.

“Kami telah berada di Turki selama 10 tahun,” tulis satu pesan yang diposting di saluran oleh seorang administrator. "Kami dilindungi, tetapi negara-negara Barat harus berbagi beban," lanjutnya.



Saat ini diperkirakan ada 3,7 juta pengungsi Suriah yang secara resmi tinggal di Turki. Perang saudara Suriah, yang dimulai dengan penumpasan brutal terhadap protes anti-pemerintah pada tahun 2011, telah menewaskan hampir setengah juta orang dan memaksa sekitar setengah dari populasi pra-perang negara itu meninggalkan rumah mereka.

Banyak pengungsi Suriah di Turki takut dikirim kembali, terutama setelah perubahan sikap Turki baru-baru ini terhadap Damaskus. Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan dia sedang bersiap untuk mengirim kembali satu juta pengungsi Suriah secara sukarela.

Pada Februari dan Maret 2020, puluhan ribu migran mendekati perbatasan darat antara Turki dan Yunani, setelah Erdogan mengancam akan membuka perbatasan dengan Eropa.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1762 seconds (0.1#10.140)