AS: Rusia Akan Beli Roket dan Peluru Artileri dari Korea Utara

Selasa, 06 September 2022 - 22:48 WIB
loading...
A A A


Duta Besar Korea Utara untuk Moskow baru-baru ini bertemu dengan utusan dari dua wilayah separatis yang didukung Rusia di wilayah Donbas Ukraina dan menyatakan optimisme tentang kerja sama di bidang migrasi tenaga kerja, mengutip pelonggaran kontrol perbatasan pandemi di negaranya.

Pada bulan Juli, Korea Utara menjadi satu-satunya negara selain Rusia dan Suriah yang mengakui kemerdekaan wilayah Donetsk dan Luhansk, yang selanjutnya bersekutu dengan Rusia atas konflik di Ukraina.

Ekspor senjata Korea Utara ke Rusia akan menjadi pelanggaran terhadap resolusi PBB yang melarang negara itu mengekspor atau mengimpor senjata dari negara lain. Kemungkinan pengiriman pekerja ke wilayah yang dikuasai Rusia di Ukraina juga akan melanggar resolusi PBB yang mengharuskan semua negara anggota untuk memulangkan semua pekerja Korea Utara dari tanah mereka pada tahun 2019.

Ada kecurigaan bahwa China dan Rusia belum sepenuhnya menegakkan sanksi PBB terhadap Korea Utara, memperumit upaya pimpinan AS untuk mencabut senjata nuklir Korea Utara.

Langkah provokatif oleh Korea Utara datang ketika pemerintahan Biden menjadi semakin khawatir tentang peningkatan aktivitas Korea Utara dalam mengejar senjata nuklir.

Korea Utara telah menguji coba lebih dari 30 rudal balistik tahun ini, termasuk penerbangan pertama rudal balistik antarbenua sejak 2017, ketika pemimpin Kim Jong Un mendorong untuk memajukan persenjataan nuklirnya meskipun ada tekanan dan sanksi yang dipimpin AS.

AS telah sering menurunkan dan mengungkapkan temuan intelijen selama perang di Ukraina untuk menyoroti rencana operasi misinformasi Rusia atau untuk menyoroti kesulitan Moskow dalam menuntut perang. Militer Ukraina yang lebih kecil telah melakukan perlawanan keras terhadap pasukan Rusia yang secara militer lebih unggul.

Presiden Rusia Vladimir Putin dan Kim Jong-un baru-baru ini bertukar surat di mana mereka berdua menyerukan kerja sama komprehensif dan strategis serta taktis antara kedua negara. Moskow, pada bagiannya, telah mengeluarkan pernyataan yang mengutuk kebangkitan latihan militer skala besar antara AS dan Korea Selatan tahun ini, yang dilihat Korea Utara sebagai latihan invasi.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1704 seconds (0.1#10.140)