Presiden Erdogan: Yunani Tidak Setara dengan Turki

Selasa, 06 September 2022 - 06:30 WIB
loading...
Presiden Erdogan: Yunani Tidak Setara dengan Turki
Presiden Erdogan: Yunani Tidak Setara dengan Turki. FOTO/Anadolu Agency
A A A
ANKARA - Yunani tidak setara dengan Turki . Hal itu diungkapkan Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan , Senin (5/9/2022). "Saya ingin membuat pengingat berikut tentang Yunani, yang baru-baru ini meningkatkan pelecehan dan kekasarannya terhadap negara kita,” kata Erdogan.

"Yunani tidak berada di level kami, karena tidak setara dengan kami secara politik, ekonomi, atau militer," kata Erdogan setelah pertemuan Kabinet di ibu kota Turki, Ankara, seperti dikutip dari Anadolu Agency.



Selama akhir pekan, di tengah ketegangan antara Turki dan Yunani, Erdogan memperingatkan Yunani agar tidak bertindak terlalu jauh. Erdogan menegaskan, Turki akan melakukan apa yang diperlukan ketika saatnya tiba.

"Yunani, lihat sejarah, kembali ke masa lalu; jika Anda melangkah terlalu jauh, harganya akan berat. Kami memiliki satu hal untuk dikatakan kepada Yunani: Ingat Izmir," kata Erdogan, mengacu pada daerah pesisir Turki, di mana Tentara Yunani menduduki satu abad yang lalu, sampai pasukan pembebasan Turki mengusirnya.

Menurut sumber Kementerian Pertahanan Nasional Turki, Yunani melanggar wilayah udara dan perairan teritorial Turki lebih dari 1.100 kali dalam delapan bulan pertama tahun 2022 saja.

Turki, anggota NATO selama lebih dari 70 tahun, telah mengeluhkan tindakan provokatif dan retorika berulang oleh Yunani di wilayah tersebut dalam beberapa bulan terakhir, termasuk mempersenjatai pulau-pulau di dekat pantai Turki yang didemiliterisasi di bawah perjanjian, mengatakan bahwa langkah-langkah seperti itu menggagalkan upaya itikad baik untuk perdamaian.



Erdogan juga mengatakan, bahwa pada Selasa (6/9/2022), dia akan memulai tur Balkan selama tiga hari, termasuk ke Bosnia dan Herzegovina, Serbia, dan Kroasia.

"Sebagai Turki, perwakilan perdamaian, ketenangan, pembangunan, dan kesetaraan di wilayah ini di mana ketegangan baru-baru ini meningkat, kami terus memenuhi tugas kami," tambahnya.

Balkan adalah prioritas bagi Turki, tidak hanya karena alasan politik, ekonomi, dan geografis, tetapi juga karena ikatan sejarah, budaya, dan manusianya dengan wilayah tersebut.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1692 seconds (0.1#10.140)