Iran Pertimbangkan Beli Jet Sukhoi Su-35 dari Rusia

Senin, 05 September 2022 - 23:21 WIB
loading...
Iran Pertimbangkan Beli Jet Sukhoi Su-35 dari Rusia
Iran Pertimbangkan Beli Jet Sukhoi Su-35 dari Rusia. FOTO/Reuters
A A A
TEHERAN - Iran sedang mempertimbangkan rencana untuk membeli jet tempur Sukhoi Su-35 dari Rusia . Hal itu diungkapkan kepala Angkatan Udara Iran, Hamid Vahedi.

"Pembelian Sukhoi 35 dari Rusia sedang dipertimbangkan oleh Angkatan Udara Iran," kata Vahedi kepada kantor berita Borna yang berafiliasi dengan Kementerian Olahraga, Minggu (4/9/2022).



Teheran dan Moskow telah bertahun-tahun terlibat dalam pembicaraan untuk pembelian jet Sukhoi 30, kesepakatan prospektif yang mendapat teguran keras dari Washington.

Tetapi Vahedi mengatakan pada hari Minggu bahwa “pembelian Sukhoi 30-an tidak ada dalam agenda.”
“Kami berharap dapat memperoleh di masa depan apa yang disebut jet tempur Su-35 generasi keempat,” tambahnya.

Pada tahun 2007, kedua negara menandatangani kontrak untuk pembelian sistem anti-rudal S-300 Rusia, tetapi Moskow menangguhkan penjualan pada tahun 2010 sesuai dengan resolusi Dewan Keamanan PBB terhadap program nuklir Iran.

Kesepakatan itu diletakkan di atas meja sekali lagi pada tahun 2015, tak lama sebelum penandatanganan perjanjian nuklir Iran dengan kekuatan dunia. Kementerian pertahanan Iran kemudian mengkonfirmasi pada Mei 2016 bahwa republik Islam itu “memiliki sistem S-300 yang strategis.”



Pada 9 Agustus, Rusia meluncurkan satelit Iran ke orbit, dengan media AS memperingatkan bahwa Moskow dapat menggunakannya untuk meningkatkan pengawasan terhadap target militer di Ukraina - laporan yang kemudian ditolak Iran.

Rencana itu diungkapkan, setelah militer Amerika Serikat mengatakan pekan lalu bahwa Rusia mulai menerima drone tempur Iran untuk digunakan dalam perang Ukraina, dengan banyak dari mereka telah terbukti rusak.

Baik Iran dan Rusia menjadi sasaran sanksi ketat—Iran setelah AS secara sepihak menarik diri dari kesepakatan nuklir 2015 antara Teheran dan kekuatan dunia, dan Rusia sejak menginvasi Ukraina pada Februari.

Kedua negara telah menanggapi sanksi dengan meningkatkan kerja sama di bidang-bidang utama untuk membantu menopang ekonomi mereka.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1923 seconds (0.1#10.140)