Kisah Orang Yahudi Mengungsi ke Palestina karena Diusir Adolf Hitler di Jerman

Senin, 05 September 2022 - 15:45 WIB
loading...
Kisah Orang Yahudi Mengungsi ke Palestina karena Diusir Adolf Hitler di Jerman
Tentara Nazi mengumpulkan orang-orang Yahudi untuk ditangkap selama Pemberontakan Ghetto Warsawa. Foto/Administrasi Arsip dan Arsip Nasional Jerman (6003996)
A A A
YERUSALEM - Tahun 1930-an ada lebih dari 60.000 orang Yahudi berimigrasi ke Palestina, sebagian besarnya diatur berdasarkan perjanjian Haavara (Transfer).

Perjanjian antara otoritas Yahudi di Palestina dan Jerman itu memfasilitasi emigrasi orang Yahudi ke Palestina.

Kendala utama untuk orang Yahudi yang beremigrasi ke Palestina ini adalah undang-undang Jerman yang melarang ekspor mata uang asing.

Baca juga: China Terbangkan Drone Tenaga Surya Mirip Satelit di Dekat Luar Angkasa

Yang ada dalam perjanjian tersebut, aset yang dimiliki orang Yahudi dari jerman akan dijual dan modalnya akan ditransfer ke Palestina dengan mengekspor produk-produk jerman.

Parlemen Inggris pada Mei 1939 menyetujui pernyataan kebijakan yang disebut sebagai British White Paper, dengan memuat langkah-langkah yang membatasi masuknya orang Yahudi ke Palestina.

Puluhan ribu orang Yahudi dari Jerman, Austria, dan Polandia beremigrasi ke Shanghai yang tidak mensyaratkan visa masuk, dengan terbatasnya negara yang dapat dituju.

Dalam jumlah yang terbatas, orang-orang Yahudi memasuki Palestina selama perang lewat imigrasi “illegal” (Aliyah Bet), walaupun terdapat perbatasan yang dikelola Inggris.

Walaupun pemerintah Inggris mengizinkan masuknya 10.000 anak-anak Yahudi dalam suatu program khusus bernama Kindertransport (Transportasi anak-anak), tetapi Inggris membatasi penerimaan imigran pada tahun 1938 sampai 1939.

Gerakan Zionis menyusun pelarian 18.000 orang Yahudi Eropa tengah dan Timur ke Palestina dari tahun 1937 sampai 1944. Awalnya pelabuhan Yunani digunakan untuk memulai perjalanan ke pelabuhan Palestina.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3451 seconds (11.97#12.26)