Dicegat Jet Tempur NATO, Pesawat Hantu Jatuh di Baltik

Senin, 05 September 2022 - 08:00 WIB
loading...
Dicegat Jet Tempur NATO, Pesawat Hantu Jatuh di Baltik
Rute pesawat hantu yang dikejar jet-jet tempur NATO sebelum akhirnya jatuh di perairan Baltik. Foto/FlightRadar24
A A A
LONDON - Sebuah pesawat pribadi jatuh di perairan Baltik di lepas pantai Latvia setelah jet-jet tempur NATO sedang mencegatnya, Minggu (4/9/2022). Pesawat itu dianggap sebagai "pesawat hantu" karena tidak ditemukan seorang pun di kokpit.

Menurut data FlightRadar24, pesawat tipe Cessna 551 itu terbang dari Jerez di Spanyol selatan pada pukul 13.56 waktu Inggris.

Situs berita Jerman, Bild, melaporkan pesawat itu seharusnya mendarat di Bandara Cologne Bonn tetapi melaporkan masalah tekanan di kabin tak lama setelah lepas landas.

Jet-jet tempur NATO--dari Prancis dan Spanyol--dikirim untuk mengintersepsi. Namun para pilot tempur tidak melihat siapa pun di kokpit atau kabin, sehingga dianggap sebagai "pesawat hantu".

Baca juga: Tegang, Sistem Rudal S-300 Yunani Mengunci Jet Tempur F-16 Turki

Meski demikian, laporan awal dari media-media Eropa menyebutkan bahwa sebuah keluarga yang terdiri dari tiga orang dan seorang pilot berada di dalam pesawat itu.

Situs pelacak penerbangan menunjukkan pesawat itu menuju timur laut di Paris, menuju Cologne, tetapi pesawat itu melewati kota dan keluar di atas Laut Baltik.

Pejabat Administrasi Maritim Swedia Johan Wahlstrom mengatakan pesawat-pesawat tempur Jerman dan Denmark juga membayangi pesawat itu saat melewati wilayah udara mereka, tetapi tidak dapat melakukan kontak.

Angkatan Udara Lithuania menambahkan jet tempur NATO dari misi Polisi Udara Baltik di Estonia juga melakukan pengejaran terhadap pesawat misterius tersebut.

Pesawat melewati dekat pulau Gotland Swedia, tetapi FlightRadar24 mencatatnya sebagai kehilangan ketinggian dan kecepatan dengan cepat pada pukul 18.37.

Layanan penyelamatan Swedia mengatakan pesawat itu menghilang dari radar dan jatuh di laut barat laut Ventspils di Latvia.

Sebuah helikopter Angkatan Udara dan kapal Angkatan Laut dari Lithuania telah dikerahkan, dengan feri Stena Line juga sedang dalam perjalanan.

Pesawat itu terdaftar di Austria. Cessna 551 adalah jet pilot tunggal sepanjang 14 meter yang dapat membawa enam hingga delapan penumpang.
(min)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1588 seconds (10.177#12.26)