AS-Jepang-Korsel Ancam 'Keroyok' Korut Jika Uji Coba Nuklir

Jum'at, 02 September 2022 - 20:49 WIB
loading...
AS-Jepang-Korsel Ancam Keroyok Korut Jika Uji Coba Nuklir
Situs Korut Yongbyon. Foto/Reuters
A A A
HONOLULU - Korea Selatan , Amerika Serikat (AS), dan Jepang berjanji untik memaksimalkan respons mereka jika Korea Utara melakukan uji coba nuklir. Hal itu diungkapkan seorang pejabat keamanan senior Seoul di tengah prediksi yang berulang kali menyebut rezim Pyongyang tengah mempersiapkan uji coba nuklir.

Berbicara kepada wartawan setelah pertemuan tingkat tinggi antara Seoul, Washington dan Tokyo di Honolulu, Hawaii, penasihat keamanan utama Korea Selatan Kim Sung-han mengatakan uji coba nuklir Korea Utara lainnya akan memicu reaksi keras dari tiga sekutu.

“(Kami) setuju bahwa tidak boleh ada pemikiran atau reaksi naif bahwa Korea Utara telah melakukan enam uji coba nuklir dan bahwa (uji coba baru) hanya akan ada satu lagi,” katanya.

“Jika Korea Utara melakukan uji coba nuklir ketujuh, reaksi kita pasti akan berbeda dari yang sekarang,” ia menambahkan seperti dikutip dari Russia Today, Jumat (2/9/2022).

Baca: Korut Berniat Kirim Pekerja ke Wilayah Ukraina Timur yang Diduduki Rusia

Pernyataan tersebut mengikuti pertemuan di Honolulu, Hawaii yang melibatkan Kim, penasihat keamanan nasional AS Jake Sullivan, dan mitra Jepang mereka, Takeo Akiba. Rilis Gedung Putih pada pertemuan itu mengatakan ketiga pejabat tersebut antara lain membahas melindungi dan memajukan aturan berdasarkan tatanan internasional, dan mengutuk pengembangan lanjutan rudal balistik dan senjata program pemusnah massal.

Namun, para pejabat keamanan itu tidak merinci langkah-langkah tambahan apa yang akan diambil sebagai reaksi terhadap uji coba Pyongyang berikutnya, dengan Kim hanya menyatakan tanggapannya akan “dimaksimalkan” dalam upaya untuk meyakinkan Korea Utara bahwa itu adalah keputusan yang salah.

Sementara uji coba nuklir terbaru Pyongyang, yang keenam dalam sejarahnya, dilakukan pada September 2017. Para pejabat di AS dan Korea Selatan mengklaim negara itu telah menyelesaikan semua persiapan untuk uji coba nuklir lain dan hanya menunggu saat yang tepat.

Menurut mantan kepala intelijen Seoul, Park Jie-won, uji coba itu bisa segera terjadi setelah November, menjelang pemilihan paruh waktu di AS.

Baca: Korea Selatan: China-Rusia Kunci Denuklirisasi Korea Utara
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2784 seconds (11.252#12.26)