Korut Berniat Kirim Pekerja ke Wilayah Ukraina Timur yang Diduduki Rusia

Jum'at, 02 September 2022 - 02:30 WIB
loading...
A A A
Wakil Perdana Menteri Rusia Marat Khusnullin mengatakan, bahwa perusahaan konstruksi Korut telah menawarkan untuk membantu membangun kembali daerah yang dilanda perang di Donbas, dan bahwa pekerja Korut akan disambut jika mereka datang.

Itu jelas merupakan terobosan dari posisi Rusia pada Desember 2017, ketika mendukung sanksi baru Dewan Keamanan PBB, yang dikenakan pada Korut karena menguji rudal balistik antarbenua, yang mengharuskan negara-negara anggota untuk mengusir semua pekerja Korut dari wilayah mereka dalam waktu 24 bulan.



“Rusia sekarang tampaknya ingin mengurangi sanksi tersebut karena menghadapi kampanye tekanan yang dipimpin AS yang bertujuan mengisolasi ekonominya atas agresinya di Ukraina,” kata Lim Soo-ho, seorang analis senior di Institute for National Security Strategy, sebuah think tank yang dijalankan oleh Agen mata-mata Korea Selatan.

“Bagi Rusia, gagasan untuk mempekerjakan pekerja Korea Utara untuk pembangunan kembali pascaperang benar-benar bermanfaat,” kata Lim.

“Sejumlah besar pekerja konstruksi Korea Utara datang ke Rusia pada tahun-tahun sebelumnya, dan permintaan akan tenaga kerja mereka kuat karena murah dan terkenal dengan pekerjaan yang berkualitas,” lanjutnya.

Departemen Luar Negeri AS sebelumnya memperkirakan bahwa sekitar 100.000 warga Korut bekerja di luar negeri dalam pekerjaan yang diatur pemerintah, terutama di Rusia dan China, tetapi juga di Afrika, Timur Tengah, Eropa, dan Asia Selatan.
(esn)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1461 seconds (0.1#10.140)