Tersangka Kedua Terungkap dalam Pembunuhan Jurnalis Rusia Dugina

Senin, 29 Agustus 2022 - 21:17 WIB
loading...
Tersangka Kedua Terungkap dalam Pembunuhan Jurnalis Rusia Dugina
Tangkapan layar dari video FSB yang diduga menunjukkan Bogdan Tsyganenko saat menerima paket dengan pelat mobil palsu. Foto/rt.com/fsb
A A A
MOSKOW - Badan Keamanan Federal Rusia (FSB) mengidentifikasi seorang pria Ukraina, bernama Bogdan Tsiganenko, sebagai kaki tangan dalam rencana pembunuhan jurnalis dan aktivis politik Rusia Darya Dugina.

Putri dari filsuf terkenal dan advokat “Eurasia” Aleksandr Dugin, tewas dalam pemboman mobil di Moskow awal bulan ini.

“Tsiganenko diduga membantu tersangka utama, Natalya Vovk, mendapatkan paspor Kazakhstan palsu dan merakit alat peledak rakitan, yang kemudian dia gunakan dalam kejahatan itu,” ungkap pernyataan FSB.



“Terduga pembuat bom berusia 42 tahun itu memasuki Rusia dari Estonia pada akhir Juni dan pergi sehari sebelum serangan bom pada 20 Agustus,” papar FSB, pada Senin (29/8/2022) dilansir RT.com.

Bom rakitan (IED) dibuat di garasi sewaan, menurut FSB. FSB percaya keduanya bertindak bersama sebagai anggota "kelompok teroris sabotase Ukraina."

Badan tersebut merilis gambar dan rekaman yang menunjukkan Tsiganenko bepergian dengan Vovk di mobilnya, menerima pelat mobil palsu untuk kendaraan tersebut, dan masuk serta meninggalkan Rusia.

Baca juga: Mantan Presiden Rusia Sebut 4 Skenario untuk Gunakan Senjata Nuklir

Pernyataan itu juga memberikan rincian baru tentang pembunuhan itu sendiri. FSB merilis rekaman yang menunjukkan Vovk mengawasi Dugina di tempat parkir festival keluarga di mana dia mungkin menanam bom.

“Wanita Ukraina itu mengikuti targetnya di mobilnya dan memicu ledakan, yang menewaskan Dugina di tempat,” papar FSB.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3211 seconds (11.97#12.26)