Tantangan TikTok Picu Pencurian Mobil Besar-besaran

Sabtu, 27 Agustus 2022 - 15:13 WIB
loading...
Tantangan TikTok Picu Pencurian Mobil Besar-besaran
Tantangan TikTok Kia Boyz memicu pencurian besar-besaran di AS. Foto/Fox2Detroit
A A A
WASHINGTON - Tantangan pencurian mobil di aplikasi TikTok yang viral dalam beberapa minggu terakhir telah memicu pencurian kendaraan besar-besaran di wilayah Chicago, Amerika Serikat (AS).

Video yang tersebar di bawah tagar 'Kia Boyz' mengajarkan pengguna TikTok untuk mencuri tipe mobil lama Hyundai dan Kia hanya menggunakan ujung pengisi daya telepon atau kabel USB.

Menurut Kantor Sheriff Cook County, antara 1 Juli dan pertengahan Agustus tahun ini, sekitar 642 kendaraan keluaran dua pabrikan asal Korea itu dilaporkan telah dicuri di daerah itu, dibandingkan dengan hanya 74 pada periode yang sama tahun lalu.

Gelombang kejahatan ini mempengaruhi kendaraan yang tidak memiliki sistem immobilizer dan membutuhkan kunci mekanis untuk menyalakannya.



"Pencurian kendaraan naik 767% karena tantangan TikTok yang muncul," kata Distrik ke-15 Departemen Kepolisian Chicago dalam sebuah pernyataan.

“Tantangan ini adalah permainan demi permainan untuk anak muda tentang cara mencuri kendaraan Hyundai dan Kia. Pencurian mobil ini adalah kejahatan kesempatan dan dapat mempengaruhi hampir semua anggota masyarakat,” sambung pernyataan itu seperti dikutip dari Russia Today, Sabtu (27/8/2022).

Polisi mendesak bagi para pemilik mobil keluaran Kia dan Hyundai untuk tetap "waspada", selalu melepas kunci kontak mereka saat kendaraan tidak digunakan dan berusaha untuk memarkirnya di area yang sering dilalui dan cukup terang.

Awal pekan ini, raksasa media sosial itu mengutuk tantangan pencurian mobil, berjanji untuk mengambil tindakan sesuai dengan “pedomannya” sendiri.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1195 seconds (0.1#10.140)