Jadi Sasaran Empuk, Rusia Dilaporkan Tarik Jet Tempur dari Crimea

Sabtu, 27 Agustus 2022 - 10:51 WIB
loading...
Jadi Sasaran Empuk, Rusia Dilaporkan Tarik Jet Tempur dari Crimea
Rusia dilaporkan menarik sejumlah jet tempurnya dari Crimea pasca sejumlah serangan yang diduga dilakukan oleh Ukraina. Foto/Ilustrasi
A A A
SEVASTOPOL - Rusia menarik jet-jet tempur mereka dari Crimea setelah sejumlah serangan yang diduga dilakukan oleh Ukraina . Demikian laporan rahasia NATO yang didapatkan Business Insider.

Menurut laporan itu, Rusia telah memindahkan 10 jet tempurnya yaitu enam Su-35S dan empat jet MiG-31BM dari Crimea dan masuk ke Rusia. Pemindahan itu akan terus berlanjut sampai semua jet tempur dipindahkan.

Sepuluh jet pertama dipindahkan dari lapangan terbang Belbek di Crimea ke Kushchevskaya dan Marinovka, dua wilayah di Rusia.

"Rusia telah menyebarkan 10x pesawat tempur dari Crimea ke lapangan udara lain di daratan Rusia untuk kemungkinan mencegah kerugian lebih lanjut dari serangan Ukraina," kata laporan itu seperti dikutip dari Business Insider, Sabtu (27/8/2022).



Seperti yang dilaporkan Business Insider sebelumnya, memindahkan aset-aset ini lebih jauh dari garis depan dapat mempersulit Rusia untuk menggunakannya dalam operasi di Ukraina.

"Lapangan terbang Belbek, yang terletak di dekat Sevastopol, adalah lapangan udara utama Rusia yang memberikan dukungan di Ukraina selatan dan Laut Hitam," kata laporan NATO.

Laporan tersebut mencatat bahwa pada saat publikasinya, 32 jet tempur Rusia tetap berada di lapangan terbang Belbek. Mereka sebagian besar adalah jet tempur Su-27 Flanker J, tetapi ada juga sejumlah kecil SU-35S dan MiG-31BM.

"Pesawat-pesawat ini kemungkinan tidak cukup untuk mempertahankan tingkat dukungan udara yang sama di wilayah tersebut," kata laporan itu.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1338 seconds (0.1#10.140)