Kasus Virus Corona AS Naik 47.000, Lonjakan Terbesar dalam Sehari

Rabu, 01 Juli 2020 - 10:51 WIB
loading...
Kasus Virus Corona AS Naik 47.000, Lonjakan Terbesar dalam Sehari
AS mencatat lonjakan tertinggi kasus Covid1-9 dalam sehari. Foto/CBS 58
A A A
WASHINGTON - Kasus baru Covid-19 di Amerika Serikat (AS) melonjak lebih dari 47 ribu pada Selasa waktu setempat. Lonjakan ini adalah yang terbesar sejak dimulainya pandemi, terjadi seiring peringatan pakar penyakit menular pemerintah AS bahwa jumlahnya dapat segera berlipat ganda.

California, Texas dan Arizona telah muncul sebagai episentrum baru pandemi di AS. Wilayah-wilayah itu melaporkan rekor peningkatkan kasus baru Covid-19.

"Jelas kita tidak berada dalam kendali penuh saat ini," kata Dr. Anthony Fauci, kepala Institut Nasional Alergi dan Penyakit Menular, kepada komite Senat AS.

"Saya sangat khawatir karena itu bisa menjadi sangat buruk," imbuhnya seperti dikutip dari Reuters, Rabu (1/7/2020).

Fauci mengatakan peningkatan harian dalam kasus-kasus baru dapat mencapai 100.000 kecuali dorongan nasional dibuat untuk memadamkan virus yang bangkit kembali.

“Kami tidak bisa hanya fokus pada area-area yang mengalami lonjakan. Itu menempatkan seluruh negara dalam bahaya,” ujarnya.

Fauci mengatakan tidak ada jaminan vaksin, meskipun data awal telah menjanjikan. "Mudah-mudahan akan ada dosis yang tersedia pada awal tahun depan," harapnya.

Menurut penghitungan Reuters, kasus Covid-19 meningkat lebih dari dua kali lipat pada bulan Juni di setidaknya 10 negara bagian, termasuk Texas dan Florida. Di bagian Texas dan Arizona, tempat tidur perawatan intensif rumah sakit untuk pasien Covid-19 kekurangan pasokan.

Lebih dari 126.000 orang Amerika meninggal karena Covid-19 dan jutaan orang kehilangan pekerjaan karena negara bagian dan kota-kota besar memerintahkan penduduk untuk tinggal di rumah dan pusat bisnis ditutup. Ekonomi berkontraksi tajam pada kuartal pertama dan diperkirakan akan turun pada kuartal kedua.

Uni Eropa (UE) telah mengecualikan warga Amerika dari "daftar aman" negara-negara di mana blok itu akan memungkinkan perjalanan yang tidak penting dimulai pada hari Rabu ini. (Baca: Uni Eropa Depak Amerika Serikat dari Daftar Perjalanan Aman )
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1016 seconds (0.1#10.140)