Pria Ini Temukan Kerangka Dinosaurus Sepanjang 25 Meter di Belakang Rumahnya

Sabtu, 27 Agustus 2022 - 00:28 WIB
loading...
Pria Ini Temukan Kerangka Dinosaurus Sepanjang 25 Meter di Belakang Rumahnya
Pria Portugal menemukan kerangka dinosaurus sepanjang 25 meter di belakang rumahnya. Foto/Instituto Dom Luiz/Faculty of Sciences of the University of Lisbon
A A A
LISBON - Seorang pria di Portugal menemukan kerangka dinosaurus sepanjang 82 kaki (sekitar 25 meter) di halaman belakang rumahnya.

Tim peneliti internasional mengatakan kerangka dinosaurus tersebut tercatat sebagai yang terbesar yang pernah ditemukan di Eropa. Kerangka itu sebenarnya ditemukan beberapa tahun lalu, namun baru diungkap tim peneliti sekarang.

Tim dari University of Lisbon mengatakan fosil raksasa itu terletak di Portugal tengah, diyakini sebagai fosil dinosaurus sauropoda brachiosaurid yang tingginya 39 kaki (11,8 meter) dan panjangnya sekitar 82 kaki.

Baca juga: Fosil Dinosaurus yang Menginspirasi 'Jurassic Park' Terjual Rp181 Miliar

"Tidak biasa menemukan semua tulang rusuk hewan seperti ini, apalagi dalam posisi ini, mempertahankan posisi anatomi aslinya," kata Elisabete Malafaia, peneliti postdoctoral di University of Lisbon, seperti dikutip Fox News, Jumat (26/8/2022).

"Mode pelestarian ini relatif tidak umum dalam catatan fosil dinosaurus, khususnya sauropoda, dari Portuguese Upper Jurassic."

Sauropoda, dinosaurus herbivora ikonik yang dikenal karena leher dan ekornya yang panjang, hidup dari 160 hingga 100 juta tahun yang lalu.

Seorang pria di Pombal, Portugal, pertama kali melihat pecahan tulang di halaman belakang rumahnya pada tahun 2017 saat melakukan konstruksi. Tim peneliti tidak mengungkap identitas pria tersebut.

Dalam beberapa minggu terakhir, peneliti Portugal dan Spanyol juga menemukan vertebrata dan tulang rusuk sauropoda di halaman belakang rumah pria itu.
(min)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.0937 seconds (10.177#12.26)