Apakah Militer Israel Lebih Kuat dari Negara-negara Arab?

Jum'at, 26 Agustus 2022 - 17:07 WIB
loading...
Apakah Militer Israel Lebih Kuat dari Negara-negara Arab?
Tentara Israel berdiri di ladang yang terbakar di samping unit artileri mereka di dekat perbatasan antara Israel dan Jalur Gaza, di sisi Israel, 14 Mei 2021. Foto/REUTERS/Amir Cohen
A A A
TEL AVIV - Perseteruan antara Israel dan Palestina sudah berlangsung cukup lama dan belum berakhir sampai saat ini. Semakin hari, usaha aneksasi Israel atas Palestina semakin menjadi.

Sudah banyak negara yang mengecam Israel atas perbuatannya, namun tetap saja penyerangan terus dilakukan. Kedua negara saling unjuk senjata dalam medan perang dan Israel selalu unggul atas tentara Palestina.

Walaupun dikenal memiliki sistem pertahanan yang baik dengan teknologi militer yang canggih, Israel ternyata bukanlah negara terkuat di Timur Tengah.

Global Firepower menyajikan peringkat yang disertai data-data mengenai kekuatan militer di dunia.

Peringkat ini diurut berdasarkan skor PwrIndx (PowerIndex) dengan kategori jumlah personel, keuangan, logistik, hingga geografi.

Israel memang mempunyai segudang senjata dan kendaraan perang yang canggih, namun nyatanya Israel tidak menempati peringkat pertama di wilayah Timur Tengah.

Berikut peringkat lima besar kekuatan militer di negara Timur Tengah dan perbandingannya dengan Israel.

1. Mesir

Mesir menjadi negara pertama yang memiliki militer terkuat di wilayah Timur Tengah. Secara global, Mesir berada di peringkat 12 dari 142 negara dengan skor PwrIndx 0,1869 (skor terbaik adalah 0.0000).

Dibanding dengan Israel, kekuatan militer Mesir masih jauh lebih baik dalam banyak hal. Mesir mempunyai sekitar 450.00 personel aktif.

Jumlah ini masih lebih banyak jika dibandingkan dengan Israel yang hanya mempunyai sekitar 173.000 personel aktif.

Mesir juga masih lebih unggul dalam kekuatan angkatan darat, laut dan udara. Namun begitu, Israel mempunyai anggaran militer yang jauh lebih besar jika dibandingkan dengan Mesir.

Israel menyediakan anggaran militer sekitar USD17,8 miliar dolar. Anggaran militer Isrel berada di peringkat 16, jauh di atas Mesir yang berada di peringkat 47.

2. Turki

Negara dengan militer terkuat di Timur Tengah berikutnya dipegang oleh Turki. Turki berada di peringkat 13 dari 142 negara dengan PwrIndx 0,1961.

Jumlah tentara aktif yang dimiliki Turki masih lebih banyak dibanding Israel, yaitu sekitar 425.000 personel.

Namun, Israel mempunyai personel cadangan lebih banyak dibandingkan Turki. Israel memiliki 465.000 tentara cadangan, sedangkan Turki hanya mempunyai 2.000 personel.

Sama seperti Mesir, jumlah anggaran perlindungan pada Turki juga masih lebih dibanding Israel yang hanya sekitar USD9 miliar.

Israel juga mempunyai lebih banyak jet tempur dibanding Turki. Israel memiliki sekitar 241 jet tempur, sedangkan Turki hanya memiliki sekitar 205 jet tempur.

Namun begitu, secara keseluruhan Turki masih lebih unggul dalam angkatan darat dan laut dibanding Israel.

3. Iran

Di peringkat ketiga wilayah Timur Tengah, ada negara Iran. Iran menempatu posisi 14 dari 142 negara dengan PwrIndx 0,2104.

Seperti Turki, Iran unggul dalam segi tenaga kerja dan personel aktif, namun kalah dalam kategori personel cadangan dibandingkan Israel.

Anggaran militer yang dimiliki Israel pun jauh lebih besar, di mana Iran hanya menyediakan sekitar USD5 miliar. Begitu pun dengan angkatan udara, Israel unggul dalam jumlah jet tempur, helikopter, hingga serangan khusus.

Namun begitu, kekuatan angkatan darat dan angkatan laut Iran masih lebih baik dibanding Israel, begitu pula dengan sarana dan logistiknya.

4. Israel

Secara global, Israel menempati peringkat 18 dari 142 negara dengan PwrIndx 0,2621. Untuk negara-negara Timur Tengah, Israel menduduki peringkat 4 dari 15 negara.

Dengan total populasi sebanyak 8 juta jiwa, Israel memiliki potensi tenaga kerja sebanyak 3,6 juta jiwa.

Sementara jumlah tenaga kerja yang tersedia untuk dinas militer mencapai 3 juta jiwa, di mana 173 ribu di antaranya merupakan personel militer aktif.

Israel menduduki peringkat yang tinggi untuk angkatan darat dan udara, di mana Israel memiliki 597 armada pesawat, 241 jet tempur, 48 helikopter tempur, 1.900 tank, dan 8.044 kendaraan lapis baja.

5. Arab Saudi

Arab Saudi menduduki peringkat lima di negara Timur Tengah dan peringkat 20 di dunia dengan PwrIndx 0,2966.

Dalam segi tenaga kerja, Arab Saudi masih lebih unggul dibanding Israel, hanya saja negara ini tidak mempunyai personel cadangan.

Begitu pula dengan keuangan, di mana Arab Saudi menganggarkan USD46 miliar untuk militer.

Arab Saudi juga masih lebih unggul dalam kategori angkatan udara, baik dalam jumlah jet tempur hingga serangan khusus.

Namun, Saudi masih kalah dalam jumlah helikopter tempur dan misi spesial yang dilakukan angkatan udaranya.

Israel juga mengungguli Arab Saudi di beberapa sektor angkatan darat dan angkatan laut seperti jumlah tank dan kendaraan lapis baja, dan kapal selam.

Namun begitu, Saudi masih jauh lebih unggul di bidang sarana dan logistik, baik dalam jumlah bandara, pelabuhan, dan akses jalan.

(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1391 seconds (0.1#10.140)