Ingin Saingi AS, China Buat 6 Kapal Perusak Berpeluru Kendali

Jum'at, 26 Agustus 2022 - 10:29 WIB
loading...
Ingin Saingi AS, China Buat 6 Kapal Perusak Berpeluru Kendali
China membangun 5 kapal perusak di Galangan Kapal Dalian. Sedangkan satu kapal lainnya di buat di galangan kapal Jiangnan Changxing. Foto/Daily Mail
A A A
BEIJING - Bukti terbaru menunjukkan jika China tengah membuat enam kapal perusak berpeluru kendali. Proyek ini sebagai bagian dari upaya Beijing mengembangkan angkatan lautnya yang dapat menyaingi Amerika Serikat (AS).

Gambar yang diposting di platform media sosial China, Weibo, menunjukkan lima lambung kapal perusak Tipe 052 kelas Luyang III sedang dibangun di Galangan Kapal Dalian milik negara di provinsi Liaoning, timur laut China.

"Setidaknya satu lagi kapal perusak Tipe 052 sedang dibangun di galangan kapal Jiangnan Changxing, timur laut Shanghai," lapor situs pertahanan Naval News yang dikutip dari Daily Mail, Jumat (26/8/2022).

Keenam kapal perusak, yang dipersenjatai dengan rudal jelajah taktis dan torpedo, akan bergabung dengan armada 25 kapal perusak Tipe 052 yang ada di China.

Beijing belum mengkonfirmasi bahwa mereka sedang membangun enam kapal perusak Tipe 052.

Tetapi analis China mengatakan kepada surat kabar Partai Komunis Global Times bahwa mengingat bahwa Beijing ingin memodernisasi pertahanan nasionalnya pada tahun 2035, tidak terduga jika China memang membangun kapal perang yang lebih maju, terutama di tengah situasi keamanan global yang bergejolak saat ini.



Angkatan Laut China telah membangun kapal dengan kecepatan tinggi dan sekarang membanggakan kekuatannya sebagai angkatan laut terbesar di dunia.

Angkatan bersenjata China memiliki total 777 kapal perang, dibandingkan dengan 490 Angkatan Laut AS dan 73 milik Angkatan Laut Inggris. Tetapi AS memiliki jauh lebih banyak kapal perusak - total 92 - dibandingkan dengan China 41 dan Inggris enam.

Meski begitu kapal perang China telah berkembang sangat canggih, dengan perusak Tipe 052 yang juga dikenal sebagai kelas Luyang III, menampilkan 64 sistem peluncur vertikal untuk rudal permukaan ke udara, torpedo berpeluncur roket dan rudal jelajah taktis.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0993 seconds (0.1#10.140)