6 Fakta Pulau Ular yang Diperebutkan Ukraina dan Rusia

Selasa, 23 Agustus 2022 - 17:24 WIB
loading...
A A A
2. Punya Sejarah dengan Achilles dan Perang Troya

Sejarah mengenai perang Troya dalam mitologis Yunani pada ribuan tahun lalu tentang seorang pahlawan bernama Achilles ternyata dikisahkan dimakamkan Pulau Ular.

Pada saat itu Achilles menderita cedera pergelangan kaki yang fatal seusai perang Troya. Sehingga sang Ibu membawanya ke Pulau Ular yang disebutkan Pulau Putih dalam sejarah sehingga pulau tersebut juga dikenal dengan nama Pulau Achilles.

3. Pulau Kecil yang Berani Melawan Rusia

Ketika kedatangan Rusia pertama kali ke Pulau Ular pada Februari lalu, banyak pembela Ukraina yang menentang pemberian audio pada kapal perang Rusia. Hal tersebut sempat menjadi viral kala itu.

Namun para pembela ini diyakini telah terbunuh yang dikarenakan kehabisan amunisi. Kembalinya pulau tersebut ke tangan Ukraina membuat dorongan moral besar yang sangat dibutuhkan.

4. Kekalahan Besar Rusia Terjadi di Pulau Ular

Mei lalu Kementerian Pertahanan Inggris mengatakan jika Rusia dapat mengkonsolidasikan cengkeramannya di Pulau Ular dengan pertahanan udara dan rudal jelajah pertahanan pantai, Rusia dapat mendominasi Laut Hitam barat laut.

Rusia telah mempertahankan pulau itu sejak Februari, tetapi Ukraina berhasil mengklaim dan menimbulkan kerusakan parah dengan menenggelamkan kapal pasokan serta menghancurkan benteng Beruang Merah di pulau itu.

Senjata baru yang dikirim oleh Barat membuat garnisun Rusia di Pulau Ular semakin rentan, terutama High Mobility Artillery Rocket System (HIMARS) yang dipasok oleh AS yang mulai dikerahkan Ukraina.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1807 seconds (0.1#10.140)