Teroris Al-Shabaab Serbu Hotel, Picu Hujan Tembakan, 12 Orang Tewas

Sabtu, 20 Agustus 2022 - 14:10 WIB
loading...
Teroris Al-Shabaab Serbu Hotel, Picu Hujan Tembakan, 12 Orang Tewas
Kelompok teroris Al-Shabaab menyerbu Hotel Hayat di Mogadishu, Somalia, sejak Jumat (19/8/2022) malam. Sebanyak 12 orang tewas, termasuk 8 warga sipil. Foto/REUTERS
A A A
MOGADISHU - Kelompok teroris Al-Shabaab, yang berafiliasi dengan al-Qaeda, menyerbu sebuah hotel di Ibu Kota Somalia, Mogadishu. Sebanyak 12 orang, termasuk warga sipil, tewas akibat hujan tembakan dan ledakan bom ketika pasukan keamanan tiba.

Kelompok teroris mulai menyerbu Hotel Hayat pada Jumat malam.

Pejabat keamanan setempat pada Sabtu (20/8/2022) mengatakan pasukan keamanan terus memerangi para teroris yang bersembunyi di dalam hotel hingga Sabtu pagi tadi.

Tembakan sporadis dan ledakan keras masih terdengar hingga Sabtu pagi.

Ini adalah serangan terbesar di Mogadishu sejak presiden baru Somalia, Hassan Sheikh Mohamud, terpilih pada Mei setelah berbulan-bulan ketidakstabilan politik.



Kelompok Al-Shabaab, yang telah melancarkan pemberontakan mematikan terhadap pemerintah pusat Somalia yang rapuh selama sekitar 15 tahun, mengaku bertanggung jawab atas penyerbuan Hotel Hayat.

“Sejauh ini kami telah mengonfirmasi 12 orang, kebanyakan warga sipil, tewas,” kata Mohammed, seorang perwira intelijen yang hanya memberikan satu nama, kepada Reuters. “Operasi ini akan segera selesai tetapi masih berlangsung.”

Komandan pasukan keamanan Mohamed Abdikadir mengatakan kepada AFP bahwa pasukan keamanan terus menetralisir teroris yang telah dikepung di dalam sebuah kamar di gedung hotel.

"Pasukan keamanan menyelamatkan puluhan warga sipil termasuk anak-anak yang terjebak di dalam gedung dengan selamat," ujarnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1977 seconds (0.1#10.140)