Spektakuler! Lampu LED Merah Putih Hiasi Balai Kota San Francisco

Kamis, 18 Agustus 2022 - 18:30 WIB
loading...
Spektakuler! Lampu LED Merah Putih Hiasi Balai Kota San Francisco
Lampu LED berwarna merah putih hiasi balai kota San Francisco. Foto/KJRI San Francisco
A A A
SAN FRANCISCO - Peringatan HUT kemerdekaan RI ke-77 di San Francisco, Amerika Serikat (AS) begitu spektakuler. Bagaimana tidak, Pemerintah Kota San Francisco telah mempersiapkan kegiatan menyalakan lampu LED berwarna merah dan putih yang melambangkan bendera Indonesia di seluruh area Balai Kota (City Hall) San Francisco dan menghiasi gedung tersebut semalam penuh.

“Lazimnya Pemerintah Kota San Francisco hanya menawarkan satu keistimewaan bagi hari besar nasional suatu negara: pengibaran bendera saja atau penyalaan LED lampu warna bendera. Untuk tahun ini peringatan HUT RI di Balai Kota San Francisco benar-benar spesial karena tidak hanya pengibaran bendera Merah Putih tetapi juga menyalakan cahaya berwarna Merah Putih di seluruh gedung Balaikota pada 17 Agustus," ujar Konjen RI San Francisco, Prasetyo Hadi

"Ini menunjukkan Indonesia semakin dilihat karena juga hubungan bilateral dan kerja sama kedua negara khususnya di San Francisco saat ini semakin erat dan hangat," sambungnya keterangan tertulisnya, Kamis (18/8/2022).

Di gedung Balai Kota yang telah berusia lebih dari 107 tahun dengan luas sekitar 46 ribu meter persegi tersebut, lampu LED berwarna merah dan putih menyala mulai pukul 20.30 waktu setempat. Hal tersebut menjadi momen kebanggaran warga Indonesia di San Francisco yang turut hadir.

“Momen nyalanya lampu merah putih ini sangat langka dan nyala lampu saat ini merupakan kedua kalinya selama sejarah San Francisco berdiri. Kami bangga menjadi warga Indonesia yang telah lama tinggal di San Francisco ini,” kata Rusman Samhi, seorang WNI yang telah tinggal di San Francisco hampir 30 tahun dan di tangannya memegang atribut bendera Indonesia yang menambah kemeriahan peringatan kemerdekaan Indonesia di depan Balai Kota.

Puluhan warga Indonesia berkumpul untuk melihat merah putih Balai Kota saat itu. Bahkan sejumlah mahasiswa yang kuliah di kota tetangga, seperti Berkeley dan Oakland juga datang. Di antara mereka juga sempat menyanyikan lagu Indonesia Raya secara spontan.

Baca juga: Korps Musik Elit Kepolisian Turki Iringi Pengibaran Merah Putih di Ankara

Hal tersebut bahkan menarik perhatian warga lokal AS yang kebetulan melewati Balaikota San Francisco. Mereka terlihat berfoto dan mengabadikan peristiwa yang jarang terjadi tersebut.

“Saya tahu Indonesia, beberapa kali berkunjung ke sejumlah tempat di Indonesia, di antaranya Bandung, Semarang, Yogyakarta, dan Bali. Negara yang indah dan masyarakatnya yang hangat. Melihat nyala lampu LED ini, mengingatkan memori Indonesia saat saya berkunjung ke sana,” ujar Daniel Gundlach, warga AS yang tinggal di San Francisco yang tertarik melihat suasana Balaikota yang unik.

Perayaan ini semakin spesial karena sehari sebelum perayaan hari kemerdekaan, pihak pemerintah kota San Francisco bersama KJRI San Francisco telah menyelenggarakan resepsi pengibaran bendera Merah Putih untuk menyambut kemerdekaan Indonesia.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1625 seconds (11.97#12.26)