Korps Musik Elit Kepolisian Turki Iringi Pengibaran Merah Putih di Ankara

Rabu, 17 Agustus 2022 - 20:27 WIB
loading...
Korps Musik Elit Kepolisian Turki Iringi Pengibaran Merah Putih di Ankara
Korps musik elit Kepolisian Turki iringi pengibaran bendera Merah Putih dalam upacara peringatan HUT ke-77 RI di KBRI Ankara. Foto/KBRI Ankara
A A A
ANKARA - Perayaan HUT kemerdekaan ke-77 tidak hanya dilakukan di Tanah Air, tetapi juga di sejumlah perwakilan diplomatik yang ada di luar negeri. Salah satunya adalah Kedutaan Besar atau KBRI di Ankara, Turki .

Namun ada yang unik dalam upacara peringatan HUT RI ke-77 di KBRI Ankara pada Rabu (17/8/2022). Jika di tempat lain lagu Indonesia Raya saat pengibaran bendera dimainkan oleh orang Indonesia, di Ankara Sang Merah Putih dikibarkan dengan iringan musik polisi-polisi bule.

Mereka adalah Korps Musik Elit Kepolisian Turki yang tergabung dalam Polis Bandosu. Dengan komposisi 36 orang, Korps Musik kepolisian Turki itu membawakan lagu Indonesia Raya, 17 Agustus dan Indonesia Pusaka.

“Ini adalah wujud persahabatan Bangsa Turki kepada Bangsa Indonesia di hari jadinya. Sebuah ekspresi persahabatan yang sangat menyentuh. Ini membuat upacara pengibaran bendera tahun ini terasa berbeda," ucap Duta Besar RI untuk Turki, Lalu Muhamad Iqbal, yang bertindak sebagai pembina upacara dalam keterangan tertulisnya.



“Peningkatan pesat hubungan police to police antara Polri dengan Kepolisian Nasional Turki dalam 3 tahun terakhir mendorong Kepolisian Nasional Turki untuk berkontribusi pada kegiatan ini," imbuh Puji Sutan, Atase Kepolisian KBRI Ankara yang juga menggawangi persiapan upacara pengibaran bendera di KBRI Ankara.

Sekitar 500-an WNI yang hadir dari berbagai daerah di Turki saat upacara terlihat bangga menyaksikan bendera merah putih berkibar dengan iringan musik dari polisi Turki. Seusai upacara para WNI menyerbu Korps Musik itu buat berfoto bersama. Sebagian bahkan membuat video vlog bersama anggota Korps Musik.

"Ini adalah pengalaman berbeda dan luar biasa buat kami, mengingat Indonesia sangat dekat dan memiliki hubungan emosional dengan bangsa Turki," ucap Ihsan Birinci, Komandan Marching Band Kepolisian Turki.

Upacara HUT RI ke-77 di KBRI Ankara sendiri berlangsung khidmat, diikuti ratusan WNI dan masyarakat Indonesia di Turki. Pada saat upacara, dilakukan penganugerahan tanda kehormatan oleh Duta Besar RI kepada Konsul Kehormatan RI di Trabzon, penghargaan kepada sejumlah staf KBRI berprestasi dan mantan staf serta penghargaan kepada sejumlah Satuan Tugas Perlindungan WNI di Turki.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0933 seconds (0.1#10.140)