Penikam Salman Rushdie: Dia Menyerang Islam, Saya Baca Novel Ayat-ayat Setan

Kamis, 18 Agustus 2022 - 08:35 WIB
loading...
Penikam Salman Rushdie: Dia Menyerang Islam, Saya Baca Novel Ayat-ayat Setan
Hadi Matar, penikam Salman Rushdie mengaku sudah membaca beberapa halaman novel The Satanic Verses atau Ayat-Ayat Setan karya Rushdie. Foto/via NDTV
A A A
NEW YORK - Hadi Matar (24), pria yang menikam Salman Rushdie sang novelis "The Satanic Verses" atau "Ayat-Ayat Setan", mengaku telah membaca beberapa halaman novel tersebut. Menurutnya, Rushdie adalah sosok yang menyerang Islam dan kepercayaan Muslim.

Matar membuat pengakuan dalam sebuah wawancara video dari balik jeruji besi di Penjara Chautauqua County di mana dia ditahan atas tuduhan percobaan pembunuhan dan penyerangan.

“Saya membaca beberapa halaman. Saya tidak membaca semuanya dari depan ke belakang,” katanya kepada The New York Post tentang novel "Ayat-Ayat Setan" karya Rushdie.

Novel itulah yang membuat pemimpin revolusi Iran Ayatollah Ruhollah Khomenei mengeluarkan fatwa mati untuk Rushdie.

Baca juga: Penyerang Salman Rushdie Puji Ayatollah Khomeini sebagai Orang Hebat

Rushdie (75), novelis asal India namun telah menjadi warga negara Inggris, diserang di atas panggung di sebuah acara sastra pada hari Jumat saat dia akan memberikan kuliah di Chautauqua Institution.

Polisi mengatakan bahwa dia ditikam setidaknya 10 kali di leher dan dada. Dia menderita kerusakan hati, serta saraf di lengan dan matanya terputus.

Menurut agennya, Rushdie tetap dirawat di rumah sakit tetapi sekarang dapat berbicara dengan keluarganya.

Matar, yang merupakan warga New Jersey, kaget ketika Rushdie masih selamat. “Ketika saya mendengar dia selamat, saya terkejut, saya kira...,” katanya kepada New York Post, yang dilansir Kamis (18/8/2022).

Matar mengaku memuji Ayatollah Ruhollah Khomeini yang mengeluarkan fatwa mati untuk Rushdie. Namun, dia tidak mengatakan apakah fatwa itu yang mengilhami serangannya.

“Saya menghormati Ayatollah..Saya pikir dia orang yang hebat. Sejauh itu yang akan saya katakan tentang itu,” kata Matar.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1309 seconds (10.177#12.26)