Inilah Kekuatan Militer Taiwan yang Tak Bisa Dianggap Remeh

Senin, 15 Agustus 2022 - 22:30 WIB
loading...
Inilah Kekuatan Militer Taiwan yang Tak Bisa Dianggap Remeh
Tentara Taiwan menunjukkan sistem rudal Stinger buatan AS pada 11 Agustus 2005. Foto/REUTERS/Richard Chung RC/DY
A A A
TAIPEI - Taiwan belakangan sering dipancing oleh tindakan kontroversial China yang sempat menembakkan rudal ke daerah teritorialnya. Hal ini membuat kedua pihak bersitegang.

Ketegangan ini memang kerap terjadi, hal ini dikarenakan pandangan China yang masih menganggap Taiwan sebagai bagian dari kedaulatannya.

Sementara itu Taiwan masih kuat mempertahankan status quo. Banyak yang menerka ketegangan ini akan berlanjut ke medan perang.

Baca juga: Pasukan Rusia Segera Terima Berbagai Senjata Kecil Mutakhir Tercanggih

Taiwan merupakan pulau yang memiliki sekitar 23 juta penduduk. Meskipun begitu kemampuan perang negara ini juga tidak dapat dianggap remeh.

Melansir dari globalfirepower.com, Taiwan punya sekitar 1,7 juta total personil militer yang siap dikerahkan. Mereka juga memiliki 288 pesawat tempur dan 91 helikopter penyerang.

Sementara untuk kekuatan darat Taiwan memiliki 1.110 tank, 3.472 kendaraan lapis baja, dan 1.410 kendaraan pengangkut meriam. Selain itu ada juga sebanyak 257 meriam dan 115 rocket launcher.

Baca juga: Rusia: Ukraina Sudah Bangkrut, Tak Bisa Penuhi Kewajiban pada Rakyatnya

Sebagai wilayah kepulauan tentunya Taiwan memiliki kekuatan angkatan laut yang cukup mumpuni. Karena itu terdapat beberapa jenis kapal perang yang mereka miliki.

Seperti 4 kapal destroyer, 22 kapal frigate, 2 kapal corvette, 4 kapal selam, 14 kapal mine warfare dan 43 kapal patroli.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3326 seconds (10.101#12.26)