3 Jet Tempur Taiwan yang Siap Menyerang China jika Terjadi Perang

Sabtu, 13 Agustus 2022 - 06:01 WIB
loading...
3 Jet Tempur Taiwan yang Siap Menyerang China jika Terjadi Perang
Jet tempur F-16V dioperasikan militer Taiwan. Foto/national interest
A A A
TAIPEI - Sudah sejak lama ketegangan antara China dan Taiwan terjadi. China menganggap Taiwan masih merupakan bagian dari kedaulatannya, sementara Taiwan sendiri ingin mempertahankan status quo.

Tahun lalu, ketegangan mencuat di antara China dan Taiwan, dengan melibatkan Amerika Serikat (AS) sebagai salah satu pemasok senjata Taipei.

Amerika Serikat terus memasok persenjataan pada Taiwan dan Washington memperingatkan, apabila China menyerang Taiwan, maka Amerika Serikat akan bersedia membela Taiwan.

Hal inilah yang beberapa pihak duga akan terjadi peperangan yang lebih mengerikan antara China-Taiwan dibandingkan perang antara Rusia dan Ukraina.

Lantas bagaimana perbandingan kekuatan di antara kedua negara? Kekuatan militer China jelas berada jauh di atas Taiwan.

Dilansir dari laman firstpost.com, anggaran China untuk pertahanan negara saja mencapai USD230 miliar. Dengan anggaran sebesar itu, tidak heran apabila China memiliki 1.200 jet tempur.

Jumlah tersebut tentunya tidak sebanding dengan jumlah jet tempur yang dimiliki Taiwan yang hanya sebanyak 288 unit.

Berikut merupakan beberapa jet tempur yang siap digunakan Taiwan untuk menyerang China.

1. Jet F-16V

Pada 18 November 2021 Taiwan telah mengerahkan 64 jet tempur F-16V untuk meningkatkan pertahanan negara dari ancaman China.

3 Jet Tempur Taiwan yang Siap Menyerang China jika Terjadi Perang


Tipe jet ini merupakan modernisasi dari jet F-16 A/B yang sudah digunakan Taiwan sejak tahun 1990-an.

Jet ini merupakan versi paling canggih di antara jet tempur milik Taiwan. Dilengkapi dengan radar berkemampuan tinggi, jet ini mampu melacak lebih dari 20 target sekaligus.

Selain itu, jet ini juga dilengkapi dengan sistem peperangan elektronik yang mutakhir, senjata canggih, navigasi GPS presisi, dan sistem untuk menghindari tabrakan dengan tanah secara otomatis.

2. Jet Mirage 2000

Jenis jet tempur ini dibeli dari negara Prancis. Jet Mirage 2000 dirancang secara khusus untuk mampu menghadapi segala cuaca.

3 Jet Tempur Taiwan yang Siap Menyerang China jika Terjadi Perang


Selain itu, pesawat tempur ini juga dilengkapi dengan kemampuan untuk membawa persenjataan nuklir.

3. Jet Ching-kuo

Jet Ching-kuo merupakan jet tempur buatan dalam negeri Taiwan. Pembuatan jet ini dilakukan dalam proyek Indigenous Defense Fighter (IDF) dengan bantuan Amerika.

3 Jet Tempur Taiwan yang Siap Menyerang China jika Terjadi Perang


Jet ini digunakan untuk menjalankan misi stealth dan air bomber. Mesin dari jet ini hampir sama dengan jet F-16, namun bedanya mesin jet Ching-kuo cenderung lebih kecil dan hanya mampu menempuh jarak yang lebih pendek.

(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1021 seconds (0.1#10.140)