Kisah Pilu Maryam, Dituduh Menipu Suami karena Tak Berdarah di Malam Pertama

Jum'at, 12 Agustus 2022 - 09:22 WIB
loading...
Kisah Pilu Maryam, Dituduh Menipu Suami karena Tak Berdarah di Malam Pertama
Seorang wanita Iran mencoba bunuh diri setelah dianggap menipu suaminya gara-gara dia tidak berdarah pada malam pertama usai pernikahan. Dia dianggap tidak perawan. Foto/REUTERS/Ilustrasi
A A A
TEHERAN - Di Iran, keperawanan sebelum menikah penting bagi banyak gadis dan keluarga mereka.

Terkadang pria menuntut sertifikat keperawanan--sebuah praktik yang oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dianggap bertentangan dengan hak asasi manusia (HAM).

Namun dalam setahun terakhir, semakin banyak orang yang berkampanye menentang praktik itu.

"Kamu menipuku untuk menikahimu karena kamu tidak perawan. Tidak ada yang akan menikahimu jika mereka tahu yang sebenarnya."

Itulah yang dikatakan suami Maryam kepadanya setelah mereka melakukan hubungan seks untuk pertama kalinya atau pada malam pertama setelah menikah.

Baca Juga: Jual Keperawanan Rp19 Miliar, Mahasiswi Cantik Jatuh Cinta pada Pembelinya

Maryam mencoba meyakinkan suaminya bahwa, meskipun dia tidak berdarah, dia belum pernah melakukan hubungan seksual sebelumnya.

Tapi sang suami tidak percaya, dan memintanya untuk mendapatkan sertifikat keperawanan.

Ini tidak biasa di Iran. Setelah bertunangan, banyak wanita pergi ke dokter dan menjalani tes yang membuktikan bahwa mereka tidak pernah berhubungan seks.

Namun, menurut WHO, tes keperawanan tidak memiliki manfaat ilmiah.

Sertifikat keperawanan Maryam menyatakan bahwa jenis selaput daranya adalah "elastis". Ini berarti dia mungkin tidak berdarah setelah melakukan hubungan seks penetrasi.

"Itu melukai harga diri saya. Saya tidak melakukan kesalahan apa pun, tetapi suami saya terus menghina saya," katanya.

"Saya tidak tahan lagi, jadi saya minum beberapa pil dan mencoba bunuh diri."

Tepat pada waktunya, dia dibawa ke rumah sakit dan selamat.

"Saya tidak akan pernah melupakan hari-hari kelam itu. Saya kehilangan 20kg [3 stone] selama waktu itu," paparnya, seperti dikutip BBC, Kamis (11/8/2022).

Kisah pilu Maryam adalah kenyataan banyak wanita di Iran. Menjadi perawan sebelum menikah masih penting bagi banyak gadis dan keluarga mereka. Ini adalah nilai yang mengakar kuat dalam konservatisme budaya.

Namun belakangan ini, keadaan mulai berubah. Wanita dan pria di seluruh negeri telah berkampanye untuk mengakhiri tes keperawanan.

November lalu, sebuah petisi online menerima hampir 25.000 tanda tangan dalam satu bulan. Ini adalah pertama kalinya tes keperawanan ditentang secara terbuka oleh begitu banyak orang di Iran.

"Itu pelanggaran privasi, dan itu memalukan," kata Neda, salah seorang warga Iran.

Ketika Neda adalah seorang siswi berusia 17 tahun di Teheran, dia kehilangan keperawanan di tangan pacarnya.

"Saya panik. Saya takut apa yang akan terjadi jika keluarga saya tahu."

Jadi, Neda memutuskan untuk memperbaiki selaput daranya.

Secara teknis, prosedur ini tidak ilegal--tetapi memiliki implikasi sosial yang berbahaya, sehingga tidak ada rumah sakit yang setuju untuk melakukannya.

Jadi Neda menemukan klinik swasta yang akan melakukannya secara rahasia--dengan harga yang mahal.

"Saya menghabiskan semua tabungan saya. Saya menjual laptop, ponsel, dan perhiasan emas saya," katanya.

Dia harus menandatangani dokumen untuk bertanggung jawab penuh jika terjadi kesalahan.

Seorang bidan kemudian melanjutkan prosedurnya. Butuh waktu sekitar 40 menit.

Tapi Neda membutuhkan waktu berminggu-minggu untuk pulih.

"Saya sangat kesakitan. Saya tidak bisa menggerakkan kaki saya," kenangnya.

Dia menyembunyikan semuanya dari orang tuanya.

"Saya merasa sangat kesepian. Tapi saya pikir rasa takut mereka mengetahuinya membantu saya menoleransi rasa sakit."

Pada akhirnya, cobaan berat yang dialami Neda tidak sia-sia.

Setahun kemudian, dia bertemu seseorang yang ingin menikahinya. Tapi ketika mereka berhubungan seks, dia tidak berdarah. Prosedur telah gagal.

"Pacar saya menuduh saya mencoba menipu dia untuk menikah. Dia mengatakan bahwa saya pembohong dan dia meninggalkan saya."

Meskipun WHO mengecam tes keperawanan sebagai tidak etis dan kurang ilmiah, praktik tersebut masih dilakukan di beberapa negara, yang menurut BBC, termasuk Indonesia, Irak dan Turki.

Organisasi Medis Iran menyatakan bahwa mereka hanya melakukan tes keperawanan dalam keadaan tertentu--seperti kasus pengadilan dan tuduhan pemerkosaan.

Namun, sebagian besar permintaan sertifikasi keperawanan masih datang dari pasangan yang berencana menikah. Jadi mereka beralih ke klinik swasta--sering ditemani oleh ibu mereka.

Seorang ginekolog atau bidan akan melakukan tes dan mengeluarkan sertifikat. Ini akan mencakup nama lengkap wanita itu, nama ayahnya, ID nasionalnya, dan terkadang fotonya. Ini akan menggambarkan status selaput daranya, dan termasuk pernyataan: "Gadis ini tampaknya perawan."

Dalam keluarga yang lebih konservatif, dokumen tersebut akan ditandatangani oleh dua orang saksi--biasanya para ibu.

Dr Fariba telah mengeluarkan sertifikat selama bertahun-tahun. Dia mengakui itu adalah praktik yang memalukan, tetapi percaya dia benar-benar membantu banyak wanita.

"Mereka berada di bawah tekanan seperti itu dari keluarga mereka. Terkadang saya akan berbohong secara lisan untuk pasangan itu. Jika mereka sudah tidur bersama dan ingin menikah, saya akan mengatakan di depan keluarga mereka bahwa wanita itu masih perawan."

Tetapi bagi banyak pria, menikahi seorang perawan masih merupakan hal yang mendasar.

"Jika seorang gadis kehilangan keperawanannya sebelum menikah, dia tidak bisa dipercaya. Dia mungkin meninggalkan suaminya untuk pria lain," kata Ali, seorang tukang listrik berusia 34 tahun asal Shiraz.

Dia bilang dia berhubungan seks dengan 10 wanita. "Saya tidak bisa menolak," katanya.

Ali menerima adanya standar ganda dalam masyarakat Iran, tetapi mengatakan dia tidak melihat alasan untuk melepaskan diri dari tradisi.

"Norma sosial menerima bahwa pria memiliki lebih banyak kebebasan daripada wanita."

Pandangan Ali dianut oleh banyak orang, terutama di daerah pedesaan yang lebih konservatif di Iran.

Meskipun demonstrasi menentang tes keperawanan meningkat, mengingat gagasan ini berakar begitu dalam dalam budaya Iran, banyak yang percaya larangan total terhadap praktik tersebut oleh pemerintah dan anggota Parlemen tidak mungkin dilakukan dalam waktu dekat.

Empat tahun setelah mencoba bunuh diri dan hidup dengan suami yang kejam, Maryam akhirnya bisa bercerai melalui pengadilan.

Dia menjadi lajang hanya beberapa minggu yang lalu.

"Akan sangat sulit untuk mempercayai seorang pria lagi," katanya. "Saya tidak bisa melihat diri saya menikah dalam waktu dekat."

Bersama dengan puluhan ribu wanita lainnya, dia juga menandatangani salah satu petisi online yang jumlahnya terus bertambah untuk mengakhiri penerbitan sertifikat keperawanan.

Meskipun dia tidak mengharapkan apa pun untuk segera berubah, bahkan mungkin tidak dalam masa hidupnya, dia percaya suatu hari nanti wanita akan mendapatkan lebih banyak kesetaraan di negaranya.

"Saya yakin itu akan terjadi suatu hari nanti. Saya berharap di masa depan tidak ada gadis yang harus melalui apa yang saya lakukan."
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1187 seconds (0.1#10.140)