Inilah Ziyad al-Nakhalah, Pemimpin Jihad Islam Palestina yang Melawan Israel

Senin, 08 Agustus 2022 - 12:20 WIB
loading...
Inilah Ziyad al-Nakhalah, Pemimpin Jihad Islam Palestina yang Melawan Israel
Pemimpin Jihad Islam Palestina, sosok militan yang terus melawan Zionis Israel. Foto/Erfan Kouchari/Tasnim News Agency
A A A
GAZA - Jihad Islam Palestina (PIJ) di Gaza, Palestina, telah terlibat perang roket tiga hari dengan militer Zionis Israel .

PIJ dipimpin oleh Ziyad al-Nakhalah, militan Palestina yang tak berhenti melawan melawan rezim Zionis meski dia berkali-kali ditangkap dan dipenjarakan Israel.

PIJ dibentuk pada tahun 1981 oleh Abd Al Aziz Awda (71). Dia masuk daftar "Teroris yang Ditunjuk Secara Khusus" Amerika Serikat (AS) dan diburu FBI sejak 24 Februari 2006. Dia diduga masih tinggal di Damaskus, Suriah, atau kemungkinan di Lebanon.

PIJ dibentuk sebagai cabang Ikhwanul Muslimin dan dipengaruhi secara ideologis dalam pembentukannya oleh pemerintah yang berkuasa di Iran.



Sayap militer PIJ adalah Brigade Al-Quds, juga dibentuk pada tahun 1981, yang aktif di Tepi Barat dan Jalur Gaza, dengan benteng utamanya di Tepi Barat adalah kota Hebron dan Jenin.

PIJ telah ditetapkan sebagai organisasi teroris oleh Amerika Serikat, Uni Eropa, Inggris Raya, Jepang, Kanada, Australia, Selandia Baru dan Israel.

Ziyad Melawan Israel

Sebelum dipimpin Ziyad al-Nakhalah sejak 2018, PIJ pernah dipimpin oleh Fathi Shaqaqi (1981–1995) dan Ramadhan Shalah (1995–2018).

Ziyad al-Nakhalah lahir pada 6 April 1953 di Khan Yunis, Gaza, yang saat itu di bawah pendudukan Mesir.

Pada tahun 1971, Nakhalah dijatuhi hukuman penjara seumur hidup di Israel karena kegiatan militannya dengan Front Pembebasan Arab.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1496 seconds (0.1#10.140)