Biaya Perang yang Dikeluarkan Rusia untuk Perang di Ukraina

Minggu, 07 Agustus 2022 - 06:01 WIB
loading...
Biaya Perang yang Dikeluarkan Rusia untuk Perang di Ukraina
Sistem rudal Yars mengikuti parade militer Hari Kemenangan di Moskow, Rusia. Foto/Sputnik/Grigory Sysoev
A A A
MOSKOW - Perang antara Rusia dan Ukraina tidak hanya memberikan efek kepada masing-masing negara saja. Perang ini juga memberikan dampak kepada negara-negara secara global sebagai butterfly effect.

Mengutip dari Newsweek (18/5/2022), Rusia telah menghabiskan sekitar satu miliar rubel atau sekitar USD15,5 juta per jam untuk perang Ukraina sejak kampanye militer Presiden Rusia Vladimir Putin dimulai pada Februari lalu. Hal ini berdasarkan data Kementerian Keuangan Rusia yang dirilis Selasa (17/5/2022).

Pada bulan April, seperti dilaporkan The Moscow Times, anggaran federal Rusia mencapai 628 miliar rubel dihabiskan untuk pertahanan nasional.



Jika diperinci, sekitar 21 miliar rubel sehari. Sementara, di tahun 2021, pemerintah menghabiskan hanya 275 miliar rubel.

Jauh sebelumnya, sejumlah ahli ekonomi serta konsultan yang bergabung dalam Pusat Pemulihan Ekonomi memberikan informasi mengenai peristiwa perang Rusia-Ukraina.

Dilansir dari laman resmi CIVITTA, dua pakar konsultan bisnis (CIVITTA dan EasyBusiness) melakukan studi untuk menilai biaya ekonomi Rusia dan Ukraina.



Dalam studi tersebut ditemukan bahwa perkiraan kerugian yang diderita Rusia mencapai USD7 miliar untuk keperluan peralatan dan likuidasi personnel militer.

Lalu, pada 4 hari pertama peperangan, mereka juga memperkirakan bahwa negara akan merugi sebanyak lebih dari USD2,7 miliar atas PDB di beberapa tahun mendatang akibat banyaknya nyawa manusia yang melayang.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1725 seconds (0.1#10.140)