AS Kelabakan, Ratusan Warga Diduga Terjangkit Virus Polio

Minggu, 07 Agustus 2022 - 00:23 WIB
loading...
AS Kelabakan, Ratusan Warga Diduga Terjangkit Virus Polio
Virus polio terdeteksi dalam sampel air limbah di dua wilayah berbeda di New York, AS. Foto/REUTERS
A A A
NEW YORK - Ratusan warga Amerika Serikat (AS) mungkin terinfeksi virus polio. Otoritas kesehatan negara bagian New York mengklaim hal itu pada Jumat (5/8/2022) setelah mengidentifikasi virus polio dalam sampel air limbah di dua wilayah berbeda.

Menurut Komisaris Kesehatan Negara Bagian New York Dr Mary Bassett, seperti yang ditunjukkan wabah polio sebelumnya, “Warga New York harus tahu bahwa untuk setiap satu kasus polio lumpuh yang diamati, mungkin ada ratusan orang lain yang terinfeksi.”

“Ditambah dengan temuan air limbah terbaru, Departemen memperlakukan satu kasus polio hanya sebagai puncak gunung es dari potensi penyebaran yang jauh lebih besar. Saat kita belajar lebih banyak, apa yang kita ketahui menjadi jelas: bahaya polio hadir di New York hari ini,” ujar Bassett.



Sampel polio diambil dari dua lokasi berbeda di Orange County pada Juni dan Juli, serta satu lokasi di Rockland County pada Juli, menurut Departemen Kesehatan Negara Bagian New York.

Pada akhir Juli, pejabat kesehatan New York mengidentifikasi kasus polio pertama dalam hampir satu dekade di AS.

Korbannya adalah seorang pria berusia 20 tahun yang tidak disebutkan namanya dari Rockland County yang tampaknya tertular strain virus yang diturunkan dari vaksin dan mulai mengalami kelemahan serta kelumpuhan.



Pihak berwenang mencatat bukti yang tersedia tidak menunjukkan bahwa pria itu adalah sumber penularan.

Mereka menambahkan, “Penyelidikan tentang asal-usul virus sedang berlangsung.”

Mereka juga sedang bekerja untuk menggelar langkah-langkah pencegahan, terutama di klinik vaksinasi.

"Cara terbaik untuk menjaga New York bebas polio adalah dengan mempertahankan kekebalan tinggi di seluruh populasi melalui vaksinasi," ungkap pihak berwenang.

Dihadapkan pada potensi krisis lain yang dapat mengikuti jejak pandemi Covid-19 dan wabah cacar monyet, Departemen Kesehatan mengimbau warga segera divaksinasi.

Dikatakan juga mereka yang tinggal, bekerja, bersekolah di, atau mengunjungi Rockland County, Orange County, dan wilayah metropolitan New York yang lebih besar berada pada risiko tertinggi tertular virus.

AS memberantas polio pada 1979 dan tidak melaporkan kasus baru yang berasal dari negara tersebut sejak saat itu.

Selama empat dekade terakhir, infeksi baru telah dilaporkan hanya pada orang yang membawa virus dari luar negeri.

“Meskipun polio tidak dapat disembuhkan, penyakit ini dapat dicegah melalui vaksinasi,” ungkap otoritas kesehatan.

Vaksin ini 99% efektif pada anak-anak yang menerima semua dosis yang diperlukan, sementara sekitar 93% warga Amerika menerima setidaknya tiga dosis pada saat mereka balita.

Polio, atau poliomielitis, adalah penyakit yang mengancam jiwa dan sangat menular yang dapat ditularkan oleh individu yang tidak menunjukkan gejala.

Dalam kasus terburuk, virus dapat mempengaruhi otak dan sumsum tulang belakang, menyebabkan meningitis atau kelumpuhan.

(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1773 seconds (0.1#10.140)