Waduh, 5 Rudal Balistik China Jatuh di ZEE Jepang

Kamis, 04 Agustus 2022 - 21:49 WIB
loading...
Waduh, 5 Rudal Balistik China Jatuh di ZEE Jepang
Lima rudal balistik yang ditembakkan China jatuh di ZEE Jepang. Foto/Ilustrasi
A A A
TOKYO - Lima rudal balistik yang ditembakkan oleh China pada Kamis (4/8/2022) telah jatuh ke zona ekonomi eksklusif Jepang . Hal itu diungkapkan Menteri Pertahanan Jepang Nobuo Kishi.

Dikatakan oleh Kishi, ini adalah pertama kalinya rudal China jatuh ke ZEE Jepang.

"Kami mengutuk keras masalah serius yang melibatkan keamanan nasional Jepang dan keselamatan rakyatnya," katanya dalam konferensi pers di Kementerian Pertahanan Jepang seperti dikutip dari Nikkei.

Rudal tersebut diluncurkan selama latihan militer yang dilakukan oleh China di sekitar Taiwan setelah kunjungan Ketua DPR Amerika Serikat (AS) Nancy Pelosi ke Taipei. Jepang mengkonfirmasi total sembilan peluncuran mulai sekitar pukul 3 sore sampai jam 4 sore.



Kishi menyebut latihan itu "sangat memaksa".

"Jepang akan melakukan segala upaya untuk mengumpulkan dan menganalisis intelijen dan menjaga kewaspadaan dan pengawasan," kata menteri pertahanan jepang itu.

Wakil Menteri Luar Negeri Jepang Takeo Mori memanggil Duta Besar China Kong Xuanyou untuk mengajukan protes atas peluncuran tersebut dan mendesak agar latihan segera dihentikan.

Seperti diketahui, China menggelar latihan militer besar-besaran yang mengepung Taiwan. Latihan tembakan langsung udara dan laut, beberapa di antaranya melintasi ruang udara dan laut Taiwan, dimulai beberapa jam setelah Ketua Dewan Perwakilan Rakyat AS meninggalkan Taiwan pada Rabu, setelah melakukan kunjungan pertama oleh seorang politisi senior AS ke pulau itu di 25 tahun.

Kementerian Pertahanan Nasional menyatakan bahwa Partai Komunis China menembakkan beberapa rudal balistik seri Dongfeng ke perairan sekitar Taiwan timur laut dan barat daya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1967 seconds (0.1#10.140)