Kremlin: Rusia Siap untuk Kesepakatan Damai Ukraina

Kamis, 04 Agustus 2022 - 14:55 WIB
loading...
Kremlin: Rusia Siap untuk Kesepakatan Damai Ukraina
Juru bicara Kremlin Dmitry Peskov. Foto/Al Arabiya
A A A
MOSKOW - Ukraina dapat mengakhiri konflik yang sedang berlangsung kapan saja dengan mengakui kondisi Rusia . Hal itu diungkapkan juru bicara Kremlin Dmitry Peskov.

“Rusia siap (untuk kesepakatan damai), pihak Ukraina sangat menyadari persyaratan kami. Dengan satu atau lain cara, mereka akan dipenuhi,” kata pejabat Kremlin itu kepada wartawan seperti dikutip dari Russia Today, Kamis (4/8/2022).

Peskov melanjutkan untuk menjelaskan bahwa pada akhir Maret kedua negara hampir menyelesaikan perbedaan mereka dengan cara yang dapat diterima oleh Rusia, tetapi rancangan perjanjian yang disiapkan selama pertemuan di Istanbul ditolak oleh pihak Ukraina.



Kiev memutuskan pembicaraan dengan Moskow setelah menuduh Rusia melakukan kejahatan perang, tuduhan yang menurut Rusia didasarkan pada bukti palsu. Kepemimpinan Ukraina sejak itu bersikeras bahwa negosiasi hanya dapat dilanjutkan setelah Rusia dikalahkan di medan perang dengan bantuan senjata Barat.

Dmitry Peskov juga mengomentari kunjungan baru-baru ini ke Moskow oleh mantan Kanselir Jerman Gerhard Schroeder. Juru bicara Kremlin itu mengkonfirmasi Schroeder bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin.

Terlepas dari spekulasi media bahwa mantan pemimpin Jerman itu dapat menjadi mediator dalam konflik Ukraina, pria berusia 78 tahun itu tidak menyatakan keinginannya untuk melakukannya, kata Peskov.



Rusia mengirim pasukan ke Ukraina pada 24 Februari, dengan alasan kegagalan Kiev untuk mengimplementasikan perjanjian Minsk, yang dirancang untuk memberi wilayah Donetsk dan Lugansk status khusus di dalam negara Ukraina. Protokol, yang ditengahi oleh Jerman dan Prancis, pertama kali ditandatangani pada 2014.

Mantan Presiden Ukraina Petro Poroshenko sejak itu mengakui bahwa tujuan utama Kiev adalah menggunakan gencatan senjata untuk mengulur waktu dan “menciptakan angkatan bersenjata yang kuat.”

Pada Februari 2022, Kremlin mengakui republik Donbass sebagai negara merdeka dan menuntut agar Ukraina secara resmi menyatakan dirinya sebagai negara netral yang tidak akan pernah bergabung dengan blok militer Barat mana pun. Kiev menegaskan serangan Rusia benar-benar tidak beralasan.



(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1178 seconds (0.1#10.140)