Protes Keras Kunjungan Pelosi ke Taiwan, China Panggil Duta Besar AS

Rabu, 03 Agustus 2022 - 09:48 WIB
loading...
A A A
Pelosi mendarat di Taiwan Selasa malam, menentang serangkaian peringatan kemarahan dari Beijing.

Sementara pemerintahan Biden dipahami menentang pemberhentian Pelosi di Taiwan, juru bicara Dewan Keamanan Nasional Gedung Putih John Kirby mengatakan di Washington bahwa dia berhak pergi ke mana pun dia mau.

Militer China mengatakan dalam "siaga tinggi" dan akan "meluncurkan serangkaian aksi militer yang ditargetkan sebagai tanggapan" atas kunjungan tersebut.

Mereka mengumumkan rencana serangkaian latihan militer di perairan sekitar pulau Taiwan yang akan dimulai pada Rabu.

Kementerian Pertahanan Taiwan mengatakan lebih dari 21 pesawat militer China telah terbang pada Selasa ke zona identifikasi pertahanan udara pulau itu.

Zona itu adalah area yang lebih luas dari wilayah udara territorial Taiwan yang tumpang tindih dengan bagian dari zona pertahanan udara China sendiri.

“Taiwan adalah Taiwan-nya China, dan Taiwan pada akhirnya akan kembali ke pelukan ibu pertiwi. Orang-orang China tidak takut pada hantu, tekanan, dan kejahatan,” tegas Xie kepada Burns, menurut Xinhua.

Tidak ada komentar langsung dari Washington. Sejauh ini, AS telah mengerahkan armada penyerang yang dipimpin kapal induk untuk mengantisipasi aksi militer China terhadap Pelosi dan Taiwan.

(sya)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1705 seconds (0.1#10.140)