Terungkap, Pangeran Charles Terima Rp18 Miliar dari Keluarga Osama bin Laden

Senin, 01 Agustus 2022 - 10:38 WIB
loading...
Terungkap, Pangeran Charles Terima Rp18 Miliar dari Keluarga Osama bin Laden
Pangeran Charles, calon raja Inggris, diketahui telah menerima uang senilai lebih dari Rp18 miliar dari keluarga Osama bin Laden. Foto/REUTERS
A A A
LONDON - Keluarga Osama bin Laden diketahui telah memberikan uang sebesar ÂŁ1 juta atau lebih dari Rp18 miliar kepada Pangeran Charles , pewaris tahkta Kerajaan Inggris.

The Sunday Times, yang mengungkapnya, melaporkan bahwa uang sebesar itu merupakan sumbangan keluarga Osama bin Laden melalui yayasan amal Pangeran Charles.

Osama bin Laden adalah warga Arab Saudi pendiri kelompok teroris al-Qaeda. Pria yang dianggap sebagai dalang serangan 11 September 2001 atau 9/11 di Amerika Serikat (AS) ini tewas dalam operasi pasukan khusus Amerika di Pakistan pada Mei 2011.



Meskipun tidak ada indikasi kesalahan apa pun oleh anggota keluarga bin Laden, pengungkapan itu meningkatkan pengawasan terhadap yayasan amal pangeran berusia 73 tahun tersebut, yang telah diguncang oleh tuduhan melakukan kesalahan kriminal.

Mengutip beberapa sumber, The Sunday Timespada Senin (1/8/2022) melaporkan beberapa penasihatnya mendesak Pangeran Charles untuk tidak mengambil sumbangan dari keluarga Bakr bin Laden (Chairperson of the Saudi Binladin Group) dan saudaranya Shafiq—saudara tiri Osama bin Laden.

Namun, Pangeran Charles menyetujui sumbangan ke Prince of Wales Charitable Fund (PWCF) ketika dia bertemu dengan Bakr bin Laden (76) di Clarence House, London, pada 2013.

Ian Cheshire, ketua PWCF, mengatakan donasi itu disetujui oleh lima wali dari yayasan saat itu.

Polisi Inggris pada bulan Februari meluncurkan penyelidikan terhadap yayasan amal Charles lainnya atas klaim skandal uang tunai yang melibatkan seorang pengusaha Arab Saudi.

Kepala yayasan mengundurkan diri tahun lalu setelah penyelidikan internal atas tuduhan tersebut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1069 seconds (0.1#10.140)