Besok, Ketua DPR Amerika Mulai Lawatan ke Asia

Minggu, 31 Juli 2022 - 20:30 WIB
loading...
Besok, Ketua DPR Amerika Mulai Lawatan ke Asia
Besok, Ketua DPR Amerika Mulai Lawatan ke Asia. FOTO/EPA
A A A
SINGAPURA - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Amerika Serikat (AS), Nancy Pelosi akan tiba di Singapura pada Senin (1/8/2022) untuk kunjungan dua hari. Kementerian Luar Negeri Singapura mengkonfirmasi kepastian itu pada Minggu (31/7/2022).

Pelosi memimpin delegasi kongres AS beranggotakan 6 orang dalam perjalanan ke Asia. Selain Singapura, lawatan juga akan mencakup pemberhentian di Jepang, Malaysia, dan Korea Selatan.



Selama perjalanan di Singapura, delegasi akan mengunjungi Presiden Halimah Yacob dan Perdana Menteri Lee Hsien Loong, serta bertemu dengan sejumlah Menteri Kabinet.

Dalam sebuah tweet pada Minggu, Pelosi mengatakan tujuan perjalanannya adalah untuk "menegaskan kembali komitmen tak tergoyahkan Amerika kepada sekutu dan teman-teman kita di kawasan".

"Di Singapura, Malaysia, Korea Selatan, dan Jepang, kami akan mengadakan pertemuan tingkat tinggi untuk membahas bagaimana kami dapat memajukan kepentingan dan nilai bersama kami," kata Pelosi, seperti dikutip dari Channel News Asia.

“Ini termasuk perdamaian dan keamanan, pertumbuhan ekonomi dan perdagangan, pandemi COVID-19, krisis iklim, hak asasi manusia dan pemerintahan yang demokratis,” tambahnya.



Siaran pers yang dikeluarkan oleh kantor Pelosi pada hari Minggu mengatakan, perjalanan itu "akan fokus pada keamanan bersama, kemitraan ekonomi dan pemerintahan demokratis di kawasan Indo-Pasifik".

Pelosi mengatakan, delegasinya menantikan "pertemuan produktif yang akan terus menginformasikan pekerjaan Kongres untuk memajukan nilai-nilai dan kepentingan kami dan memperkuat kemitraan kami di kawasan".

Enam orang yang akan bergabung dalam delegasi pimpinan Pelosi adalah Gregory Meeks (Ketua Komite Urusan Luar Negeri DPR AS), Mark Takano (Ketua Komite DPR AS untuk Urusan Veteran), Suzan DelBene (Wakil Ketua, Komite Cara dan Sarana DPR AS), Raja Krishnamoorthi (Anggota Komite Tetap Intelijen DPR AS), dan Andy Kim (Anggota Komite Angkatan Bersenjata DPR AS).
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1803 seconds (0.1#10.140)