Rusia Klaim Hancurkan Dua Howitzer M777 AS di Zaporozhye

Minggu, 31 Juli 2022 - 04:40 WIB
loading...
Rusia Klaim Hancurkan Dua Howitzer M777 AS di Zaporozhye
Rusia Klaim Hancurkan Dua Howitzer M777 AS di Zaporozhye. FOTO/NYT
A A A
MOSKOW - Angkatan Bersenjata Rusia menghancurkan dua howitzer M777 Amerika Serikat (AS) di dekat Stepnogorsk, wilayah Zaporozhye. Hal itu diungkapkan perwakilan resmi Kementerian Pertahanan Rusia, Letnan Jenderal Igor Konashenkov, Sabtu (30/7/2022).

"Dua howitzer M777 Amerika dihancurkan di daerah Stepnogorsk, wilayah Zaporozhye. Satu baterai sistem roket peluncuran ganda Uragan di sekitar pemukiman Kurdyumovka dan dua baterai artileri howitzer Giatsint-B terkena," kata Konashenkov, seperti dikutip dari TASS.



Menurut Konashenkov, Angkatan Bersenjata Rusia juga menekan enam peleton sistem peluncuran roket ganda Grad, dua baterai sistem artileri self-propelled Gvozdika, dan tujuh peleton artileri senjata D-20 dan D-30.

Pada bulan Mei, AS memberikan 90 artileri lapangan, yang digunakan oleh Angkatan Darat AS dan Korps Marinir, ke Ukraina. Howitzer M777 menggunakan peluru 155 milimeter standar NATO, yang merupakan peningkatan dari artileri Ukraina 122 dan 152 milimeter.

Mereka umumnya menembakkan peluru Excalibur berpemandu presisi yang menggunakan Sistem Pemosisian Global (GPS) untuk mencapai target dan Ukraina memuji mereka karena presisi dan kekuatannya.

Konashenkov juga mengatakan pada hari Sabtu, bahwa pasukan Rusia telah menghancurkan sistem roket peluncuran ganda era Soviet Ukraina, Giatsint-B dan Uragan. Ini mengikuti serangan di kota Kodema dan Belaya Gora di Republik Rakyat Donetsk yang memproklamirkan diri, yang didukung Moskow.



Rusia telah membuat sejumlah klaim yang belum diverifikasi tentang penghancuran senjata Ukraina. Pekan lalu, Rusia mengatakan telah menghancurkan empat Sistem Roket Artileri Mobilitas Tinggi M142, atau HIMARS, yang juga dipasok oleh AS.

Namun, klaim itu datang hanya sehari setelah AS mengatakan bahwa semua sistem yang dipasoknya ke Kyiv tetap utuh. Baik klaim Rusia dan Ukraina tentang kerugian pihak lawan telah ditanggapi dengan beberapa skeptisisme.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1935 seconds (0.1#10.140)